26.4 C
Jakarta

Ribuan Mahasiswa, Dosen, dan Karyawan UMP Tonton Film G30S/PKI

Baca Juga:

 

PURWOKERTO, MENARA62.COM — Ribuan mahasiwa, dosen dan karyawan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) antusias nonton bareng (nobar) pemutaran film G30S/PKI yang digelar di Auditorium Ukuwah Islamiyah UMP, Kamis malam (28/9/2017).

Sebelum film diputar, Rektor UMP Dr. H. Syamsuhadi Irsyad, M.H.,  mengungkapkan, kegiatan Nobar G30S PKI yang dilaksanakan di UMP adalah sesuai dengan interuksi dari Panglima TNI agar kejadian kelam peristiwa 65/66 tidak terulang kembali di Indonesia. “Tujuan dari Nobar G30S PKI adalah agar mahasiswa dan mahasiswi UMP mengenal sejarah peristiwa 65/66, serta untuk membekali agar tidak terpengaruh adanya upaya kelompok tertentu yang memutar balikan fakta,” katanya.

Rektor menjelaskan, kemungkinan munculnya PKI gaya baru saat ini, meminta kepada Panglima TNI yang dikenal sangat dekat dengan umat Islam untuk mengambil langkah tegas agar PKI tidak bangkit kembali.

“Film G30S PKI adalah fakta sejarah yang sebenarnya terjadi pada saat itu. Dalam perkembangannya saat ini ada beberapa kelompok yang menolak fakta sejarah dalam film tersebut yang menganggap bahwa film tersebut tidak sesuai fakta yang terjadi. Mereka berupaya untuk memutar balikan fakta sejarah,” ungkapnya.

Sementara itu, Kasrem 071/Wk Letkol Inf Ariful Mutaqin mengapresiasi atas terlaksananya pemutaran film G30S PKI di UMP. “Film terasebut merupakan fakta sejarah tentang kejadian 65/66, walaupun sekarang ada pihak yang berupaya untuk memutar balikan fakta sejarah,” katanya.

Letkol Inf Ariful Mutaqin mengatakan bahwa, Dr. H. Syamsuhadi irsyad, M.H., merupakan salah satu pelaku sejarah yang mengetahui kejadian 65/66 dan mengetahui kekejaman PKI. “Pesan dari Danrem 071/Wk adalah tujuan pemutaran film G30S PKI adalah agar peristiwa kelam 65/66 tidak terulang kembali. Agar masyarakat mengerti sejarah bangsa Indonesia dan tidak terpengaruh terhadap upaya-upaya yang berusaha untuk memutar balikan fakta sejarah,” tandasnya.

Dijelaskan, Pemutaran film G30S PKI merupakan interuksi dari PanglimaTNI yang dilaksanakan oleh seluruh instansi TNI sampai tingkat Koramil.

Hingga film dimulai, tampak ribuan mahasiswa, dosen, dan karyawan sudah memenuhi ruang Auditorium Ukuwah Islamiyah. Tidak sedikit dari meeka yang tidak kebagian kursi hingga naik ke Auditorium.

Acara dilanjutkan dengan pemberian cinderamata dari Dr. H. Syamsuhadi Irsyad, M.H.,  kepada Letkol Inf Ariful Mutaqin (Kasrem 071/Wk) dan dilanjutkan Nobar film G30S PKI. (tgr)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!