35.1 C
Jakarta

Sambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 H, Ratusan Murid SD Muhammadiyah PK Kottabarat Gelar Pawai

Baca Juga:

 

SOLO, MENARA62.COM – Ratusan murid SD Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Surakarta melaksanakan kegiatan pawai menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah, Selasa (18/7/2023).

Kegiatan yang mengangkat tema “Muharram, Spirit Berhijrah Menuju Pribadi yang Lebih Bertakwa” merupakan bagian dari program Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SD Muhammadiyah PK Kottabarat Surakarta.

Dengan mengambil rute sejauh dua kilometer dengan start dan finish di Halaman Masjid Kottabarat, kegiatan pawai secara resmi dilepas pukul 07.30 WIB oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan dan Sarana Prasarana, Muhamad Arifin.

“Tahun Baru Islam merupakan pertanda pergantian tahun dalam kalender Islam atau disebut dengan tahun Hijriah, kegiatan pawai kali ini untuk menandai peristiwa penting dalam sejarah Islam, yaitu memperingati hijrah Nabi Muhammad Saw. dari Kota Makkah ke Madinah pada tahun 622 Masehi. Kita diharapkan mampu berhijrah menuju pribadi yang bertakwa dan berakhlak mulia,” pesannya saat memberikan sambutan keberangkatan.

Selama pawai berlangsung, ratusan murid bersama guru dan tenaga kependidikan membentangkan poster ucapan Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah kepada para pengguna jalan yang melintasi Jalan Dr. Moewardi, Jalan Arumdalu kawasan Mal Solo Paragon, dan Jalan Yosodipuro Solo.

Taryanto, selaku ketua panitia Peringatan Hari Besar Islam (PHBI), menyampaikan tujuan pawai kali ini tidak hanya mengenalkan tahun baru Islam kepada murid, tetapi lebih menekankan target serta harapan yang harus dimiliki murid untuk menyongsong tahun baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah.

“Selain untuk meningkatkan rasa ukhuwah Islamiyah, kegiatan ini selaras dengan implementasi Profil Pelajar Pancasila dengan butir “Beriman dan Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta Berakhlak Mulia,” jelasnya saat pawai berlangsung.

Rangkaian kegiatan pawai ditutup dengan pengumpulan poster yang dibawa murid dari rumah. Setiap kelas akan dipilih tiga poster terbaik yang memenuhi kriteria penilaian, yaitu kreativitas, kesesuaian tema, dan originalitas.

Salah satu murid kelas III, Thafana Alila Gazala, mengungkapkan rasa senang dan gembiranya dapat mengikuti kegiatan pawai kali ini.

“Aku berharap bisa menjadi salah satu pemenang lomba poster tahun baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah. Poster ini sudah aku persiapkan dua hari yang lalu tentunya dengan bantuan Mamaku dalam menyediakan alat dan bahan untuk kebutuhan pembuatan poster,” terangnya. (*)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!