27.3 C
Jakarta

SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo Siap Asesmen Nasional 2021

Baca Juga:

SOLO, MENARA62.COM – Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah 1 Ketelan Solo bersiap asesmen nasional 2021. Asesmen Nasional tidak hanya mengevaluasi capaian siswa secara individu, tetapi mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan berupa input, proses, dan hasil.

Potret layanan dan kinerja tiap sekolah dari hasil Asesmen Nasional menjadi cermin untuk bersama- sama melakukan refleksi mempercepat perbaikan mutu pendidikan nasional.

“Asesmen Nasional Tahun Ajaran 2021/2022 merupakan asesmen perdana yang akan dilaksanakan SD Muhammadiyah 1 Solo berbasis komputer,” urai Sayekti di sela-sela ronda rutin lingkungan sekolah sekaligus merenungi nilai-nilai dari sifat-sifat Nabi Muhamamd SAW di Maulidur Rasul 1443 Hijriyah, Selasa (19/10/2021).

Upaya menyukseskan asesmen nasional melalui berbagai upaya. Pertama, setiap satuan pendidikan melakukan pemutakhiran data melalui aplikasi dapodik. Kedua, verval NISN peserta didik. Ketiga, penetapan pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK), dapat dilaksanakan mandiri atau menumpang.

Ruang 1 menggunakan komputer laboratorium

“2 ruang sudah kita siapkan. Ruang 1 menggunakan komputer laboratorium. Ruang 2 berada di kelas menggunakan 15 laptop. Sekretaris menyiapkan kartu meja, kartu siswa atau kartu login, jadwal simulasi, pengawas simulasi, daftar hadir siswa dan pengawas,” katanya.

Asesmen Nasional meliputi tiga hal yaitu AKM, Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar. AKM mengujikan penguasaan kompetensi literasi membaca dan literasi numerasi.

Survei Karakter mengukur sikap, nilai, keyakinan dan kebiasaan yang mencerminkan karakter siswa. Sedangkan Survei Lingkungan Belajar mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar mengajar di kelas maupun tingkat sekolah.

Bagi pendidik, salah satu bekal menghadapi Asesmen Nasional adalah pemahaman tentang Asesmen Nasional itu sendiri. Pemahaman ini bisa didapatkan melalui Program Bimbingan Teknik (Bimtek) Guru Belajar Seri AKM.

Program ini disusun dengan memadukan tahapan dan pendekatan modular yang memfasilitasi peserta melakukan personalisasi pembelajaran. Program bertujuan membekali guru pengetahuan dan pemahaman tentang Asesmen Nasional.

“Simulasi ANBK Tahun 2021 yang akan dilaksanakan pada hari Kamis – Jum’at, 21 – 22 Oktober 2021. AKM digelar berbasis komputer dan bersifat adaptif. Jika siswa menjawab benar, dilanjutkan soal yang lebih kompleks. Sebaliknya menjawab salah, maka soal berikutnya adalah soal yang lebih sederhana,” pungkas, Kepala Sekolah Penggerak, sambil tersenyum.

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!