31.2 C
Jakarta

Sebanyak 69 Mahasiswa Inbound PMM-2 Belajar di UNMUHA

Baca Juga:

BANDA ACEH, MENARA62.COM  – Rektor Universitas Muhammadiyah Aceh (UNMUHA) Dr. H. Aslam Nur MA,  menyambut secara resmi 69 mahasiswa inbound Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka  (PMM 2) semester ganjil tahun akademik 2022/2023 dari 44 Perguruan Tinggi (PT) di luar Sumatera, di Gedung UCC Ahmad Dahlan, Batoh Kota Banda Aceh, Selasa (6/9/2022). Program penyambutan tersebut mengusung tema “Bertukar Sementara, Bermakna Selamanya.

Hadir Kepala LLDikti Wilayah III, Geucik Lhong Bata, BPH UNMUHA, Wakil Rektor I Dr. Fadhlullah, S.H.,M.S. Wakil Rektor II Almanar, S.H., M.H, Wakil Rektor III Dr. Ir M. Zardan Araby, M.T. Kepala Biro Umum Nuzulman S.E., M.Si, Para Dekan, Kaprodi serta tokoh masyarakat, tamu undangan lainnya.

Acara penyambutan tersebut menampilkan tarian ranup lampuan oleh sanggar seni Genta Naggroe pembina hazain rias pengantin. Tarian tersebut bermakna untuk memuliakan tamu, yang kedua tarian likok pulo, Penampilan yang sangat apik disuguhkan oleh para penari.

“Sebanyak 69 mahasiswa yang sudah berada di UNMUHA ditempatkan, di rusunawa bagi yang putri sedangkan bagi yang putra ditempatkan asrama yang sudah disiapkan oleh panitia,” kata ketua panitia penyambutan mahasiswa inbound Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka  (PMM 2) Dr. Saiful, S.Ag., M. Ag.

Beliau menambahkan lagi “Mahasiswa yang berasal dari 44 Perguruan Tinggi (PT) yang di tempatkan di unmuha tersebar dari berbagai universitas diluar sumatera.”

Kepala Lembaga Layanan Pendidian Tinggi (LLDikti) Wilayah XIII Aceh yang diwakili oleh Masykur, S.T., M.Pd , juga menjabat sebagai sebagai Agen Perubahan Jabatan Fungsional Tertentu (JFT) mengatakan, “ program ini merupakan salah satu wujud dari implementasi kampus merdeka, yang di luncurkan oleh kementrian pada tahun 2020.

Keragaman budaya dan pertukaran antar pulau memiliki kesempatan untuk belajar di Provinsi Aceh, serta dapat mereka tampilkan di daerah asal mereka nantinya

Kedudukan merepleksikan kebinekaan dan bemberikan kontribusi kepada perguruan tinggi, dengan lingkungan baru mahasiswa di tantang untuk selalu aktif dan memilih tantangan sendiri, kami yakin dengan dosen pendamping akan membawa keberhasila.

Sementara itu Rektor Universitas Muhammadiyah Aceh Dr. H. Aslam Nur, MA menyampaiakan “Selamat datang bagi Mahasiswa inbound Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka  (PMM 2) sebanyak 69 mahasiswa dari 44 Perguruan Tinggi (PT) di luar Sumatera, semester ganjil tahun akademik 2022/2023.”

“Insya Allah mereka akan berada di Aceh kurang lebih selama 4 bulan kedepan, inti dari program Pertukaran Mahasiswa Merdeka ini adalah membuka, memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar secara langsung di masyarakat tentang aneka budaya, sejarah ditempat yang ia tuju”.

UNMUHA dengan pemerintah telah menyiapkan modul nusantara bagi para mahasiswa selama 4 bulan, selain belajar didalam kampus. Mahasiswa tersebut setiap minggunya akan mengunjungi objek –objek sejarah dan budaya yang ada di Banda Aceh.

“Kita harapkan pertama kepada para mahasiswa untuk bisa memahami perbedaan budaya, kedua kepada seluruh civitas akademika UNMUHA untuk mensukseskan program pertukaran mahasiswa, dan juga kepada seluruh masyarakat banda aceh inilah program pemerintah salah satunya untuk memberikan kesempatan kemahasiswa memahami budaya lain sehingga mendapat dukungan dari masyarakat secara luas.” tutup Aslam Nur

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!