32.4 C
Jakarta

Selama Arus Mudik dan Balik Lebaran, KemenPUPR Fungsionalkan 11 Ruas Tol Baru 

Baca Juga:

JAKARTA, MENARA62.COM – Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membuka secara fungsional 11 ruas tol baru  untuk kelancaran arus mudik dan balik Lebaran 2023.

Sekretaris BPJT, Triono Junoasmono mengatakan, 11 ruas tol yang dibuka secara fungsional tersebut, antara lain Ciawi-Sukabumi Seksi 2 (Cigombong-Cibadak), Cileunyi – Sumedang – Dawuan ( Cisumdawu) Seksi Cimalaka – Dawuan, Jakarta-Cikampek II Selatan Paket 3 (Taman Mekar – Sadang), Cibitung-Cilincing Seksi 4 (Tarumajaya – Cilincing), Cimanggis-Cibitung Seksi 2A (Jatikarya-Cikeas).

“Untuk Lebaran kali ini kami akan membuka secara fungsional 11 ruas tol baru dengan total panjang 222 km,” ujar Triono Junoasmono dalam acara Media gathering dan konferensi pers ‘Kesiapan Infrastruktur Mendukung Mudik Lebaran 2023’ di Jakarta, Selasa (11/4).

Pria yang sering disapa Yongki ini melanjutkan, ruas tol fungsional selanjutnya adalah tol Pasuruan-Probolinggo Seksi 4A (Probolinggo Timur- Interchange Gending), Solo-Yogyakarta – NYIA Kulonprogo Sebagian Seksi 1.1.

Sedangkan ruas tol Trans Sumatera yang dibuka secara fungsional, antara lain Kuala Tanjung-Tb. Tinggi-Parapat Seksi Tebing Tinggi – SS Indrapura dan Seksi Dolok Merawan – Sinaksak, Sigli-Banda Aceh Seksi Blang Bintang – Baitussalam, Binjai – Langsa Stabat-Tanjung Pura (Stabat-Jl. Proklamasi), Simpang Indralaya – Muara Enim Seksi Simpang Indralaya – Prabumulih.

“Karena ruas-ruas tol ini sifatnya fungsional, sesuai dengan arahan Korlantas Polri maka kami akan membuka secara fungsional ruas – ruas tol tersebut hanya pagi hingga sore hari, yaitu dari jam 6 pagi hingga jam 3 sore,” kata Triono.

Pembatasan waktu melewati tol fungsional ini karena menurut dia, untuk pertimbangan keamanan dan keselamatan selama berkendaraan.

“Karena memang ada beberapa yang harus kita pastikan kondisi aman, mengingat sebagian jalan tol belum dilengkapi penerangan, namun kami akan memasang rambu-rambu tambahan dan menambahkan beberapa rest area sementara,” ujar Triono

Untuk itu, pihaknya akan berupaya mempersiapkan sejumlah fasilitas yang bisa dimanfaatkan para pemudik.

“Tapi nanti di 11 ruas tersebut akan kami siapkan rest area sementara dengan fasilitas toilet, mobile BBM, dan juga gardu makanan-minuman secara sederhana,” jelasnya.

Selain itu, Kementerian PUPR juga intens berkoordinasi dengan seluruh stakeholder, seperti Korlantas POLRI, Kementerian /Lembaga lain seperti Kementerian Perhubungan, Pemerintah Daerah, dan BUJT, dengan melakukan survey bersama untuk memastikan jalan tol yang beroperasi sesuai dan aman untuk digunakan.

“Saat ini, kami masih menyelesaikan beberapa perbaikan dan pelebaran jalan yang akan kami targetkan selesai di H-10 Lebaran. Setelahnya, semua peralatan berat akan dikeluarkan, sehingga pengguna jalan bisa langsung menggunakan jalan tersebut,” tukas Triono.(*)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!