28.2 C
Jakarta

Seleksi KRI 2024 Wilayah I dan II Resmi Usai, Nantikan Robot Karya Anak Bangsa di Edutorium UMS!

Baca Juga:

 

SOLO, MENARA62.COM – Penyelenggaraan Seleksi Wilayah I & II Kontes Robot Indonesia (KRI) Tahun 2024 resmi usai. Kegiatan seleksi ini berlangsung selama enam hari penuh dimulai pada 27 Mei dan berakhir pada 1 Juni 2024, yang berlangsung secara hybrid melalui Zoom Meeting dan secara offline di Gedung Edutorium KH. Ahmad Dahlan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

Ketua Pelaksana Ir. Rois Fatoni, S.T., M.Sc., Ph.D., dalam acara penutupan Seleksi Wilayah I & II, mengucapkan terima kasih kepada peserta yang telah mengikuti tahapan seleksi kali ini pada ajang talenta di bidang engineering dan teknologi seperti KRI yang dikelola oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbudristek.

“Ini adalah salah satu dari sedikit ajang talenta yang memerlukan kombinasi yang pada akhirnya dinilai dari eksekusi. Keberhasilan eksekusi sebuah sistem teknologi membutuhkan penguasaan teori yang matang dan supervisi yang cermat,” ujar Rois Patoni, Sabtu (1/6/2024).

Jadi kreativitas, tambahnya, inovasi, kerjasama tim, ketekunan, kesabaran, resiliensi adik-adik mahasiswa dan para staf dan tentu saja supervisi dari para dosen pendidik.

Wakil Rektor III UMS Prof. Ihwan Susila, M.Si., Ph.D., mewakili Rektor UMS dan seluruh sivitas akademika, Ihwan Susila mengucapkan terima kasih kepada Puspresnas dan Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) yang telah mempercayakan penyelenggaraan KRI 2024 kepada UMS.

“Tentu hari ini akan menjadi bagian yang tidak terlupakan dari seluruh proses kegiatan KRI 2024. Tentu saja dengan berbagai hal yang sudah kita usahakan mudah-mudahan hasil terbaik nanti akan kita saksikan ketika pertandingan besok di kontes robot Indonesia 2024 di Edutorium UMS,” ungkap Ihwan Susila.

Ihwan juga menyampaikan terima kasih kepada para juri yang sudah bekerja sangat luar biasa dan secara profesional. Dia juga menyampaikan permohonan maaf apabila di dalam penyelenggaraan Seleksi Wilayah I dan I ini masih ada hal yang kurang berkenan.

“Kita akan terus menjadi yang terbaik untuk menjadikan Indonesia menjadi yang terdepan di dalam teknologi,” pungkasnya.

Kemudian Plt BPTI Dr. Maria Veronica Irene Herdijono, S.E., M.Si., dalam kesempatan tersebut menyampaikan, KRI tingkat wilayah I dan II 2024 selain memberikan kesempatan bagi adik-adik mahasiswa untuk mengaktualisasikan diri dalam mengembangkan minat bakat, kreativitas, inovasi berpikir kritis di bidang rancang bangun robotika memiliki peran penting dalam mengembangkan talenta unggul berkarakter dan berdaya saing global, menjadi harapan dalam menghadapi perubahan sosial.

“Pelaksanaan KRI di tingkat wilayah I dan II 2024 ini yang kita selenggarakan telah menjawab harapan kita agar mahasiswa siap dalam menghadapi perubahan sosial, budaya, dan kemajuan teknologi yang besar dan dapat meningkatkan kemampuan untuk menciptakan inovasi dan misi baru dalam menghadapi tantangan perubahan zaman,” tutur Plt BPTI itu.

Ajang talenta ini juga diharapkan dapat menyelesaikan masalah bangsa terutama di bidang artificial intelligence dan teknologi robotika.

Pengumuman untuk Juara 1, 2, 3 dan Harapan untuk masing-masing wilayah kemudian disampaikan oleh Ketua Dewan Juri Prof Benyamin.

Pelaksanaan KRI tingkat nasional selanjutnya akan diselenggarakan pada bulan Juli mendatang. Robot karya anak bangsa akan hadir dan bertanding secara langsung di Edutorium UMS. (*)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!