26.4 C
Jakarta

Seminar Nasional PAUD UMJ akan Bahas Tantangan Pendidikan PAUD di Era Disruptif 4.0

Baca Juga:

JAKARTA, MENARA62.COM – Fakultas Ilmu Pendidikan Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) menyelenggarakan Seminar Nasional dan Call for Paper Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Kegiatan yang akan berlangsung Sabtu 16 Maret 2019 di Auditorium FKK UMJ tersebut menghadirkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy sebagai pembicara kunci.

Adapun tema seminar nasional tersebut adalah Peluang dan Tantangan Mendidik Generasi PAUD Milenial Berbasis Keluarga di Era Disruptif 4.0. Tiga pembicara utama yang akan mengisi seminar nasional tersebut masing-masing adalah Dr. M. Yani, Deputi KSPK BKKBN RI dengan materi Implementasi PAUD Holistik Integratif Pilar Layanan Pengasuhan Anak.

Dr. Sukiman, M.Pd,  Direktur Pembinaan Pendidikan Keluarga dengan materi berjudul Implementasi Kebijakan Dirbindikkel. Lalu Prof. Dr. Ir. Euis Sunarti, M.Sc, Pakar Pendidikan Keluarga dengan materi berjudul Penguatan Keluarga sebagai Basis Pengasuhan di Era 4.0.

Prof. dr. Fasli Jalal, PhD, Pakar PAUD Indonesia akan memandu seminar nasional yang diikuti 400 peserta tersebut.

Dalam keterangan persnya, Ketua Panitia Seminar Nasional PAUD Ir. Adiyati Fathu Roshonah , M.Pd menjelaskan tema Peluang dan Tantangan Mendidik Generasi PAUD Milenial Berbasis Keluarga di Era Disruptif 4.0 dinilai sangat tepat ditengah perkembangan teknologi dan informasi yang sedemikian pesat. Dimana kondisi tersebut tentu harus diadaptasi dan diantisipasi oleh lembaga PAUD dan guru-guru PAUD termasuk para orangtua.

“Orangtua adalah guru pertama dan rumah adalah sekolah pertama bagi anak usia dini.  Di era disruptif 4.0 mendidik generasi PAUD milenial memiliki peluang dan tantangan tersendiri. Dan penguatan fungsi keluarga merupakan salah satu jawaban,” jelas Adiyati.

Ia berharap seminar nasional tersebut memberikan manfaat besar utamanya bagi para pendidik dan pemerhati PAUD di Indonesia. (afr)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!