28.8 C
Jakarta

Sinau Bareng Pelaporan BOS bersama IKSS

Baca Juga:

 

SOLO, MENARA62.COM – Tim BOS (Bantuan Operasional Sekolah) SMP Muhammadiyah 1 Surakarta mendapatkan undangan dari pengurus Ikatan Kepala Sekolah Swasta atau dikenal dengan (IKSS) untuk menjadi narasumber pada pelatihan pelaporan BOS yang dilaksanakan pada hari Selasa (08/02/2022). Hadir sebagai pembicara pada acara ini adalah  Bayu Sapto Nugroho selaku operator BOS SMP Muhammadiyah 1 Surakarta.

Kegiatan ini diadakan di Aula SMP Muhammadiyah 7 Surakarta. Peserta yang hadir adalah yang bertanggung jawab atas pelaporan BOS di sekolahnya, yakni operator atau bendahara dari sekolah swasta di Kota Surakarta. Pada acara ini  peserta diajak belajar bersama pelaporan BOS dengan Aplikasi ARKAS. Beberapa pertanyaan, yakni tentang penggunaan Silpa, pengelolaan anggaran BOS Sekolah, dan cara mengerjakan aplikasi ARKAS yang pada pelaksanaannya harus melalui trial and error untuk dapat memahami aplikasi tersebut.

Bayu menyampaikan pada materinya “ Penyusunan laporan dengan ARKAS BOS perlu memahami jenis-jenis kegiatan, kode rekening anggaran, dan Standar Harga Satuan (SHS) yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Kota Surakarta.” Kesulitan yang sering muncul dalam proses pembuatan pelaporan aplikasi ARKAS, yakni dengan adanya sistem pelaporan sudah digitalisasi dan anggaran sudah tersedia dalam aplikasi ARKAS yang tidak bisa dilaporkan secara langsung atau kemauan pembuat laporan. Selain itu penyusunan laporan atau bukti otentik keuangan harus sesuai dengan standar aplikasi arkas yang tercantum dalam buku kas umum yang sudah ada agar dapat tersusun dengan rapi, sehingga memudahkan dalam hal pengadministrasian laporan keuangan.

Pada acara ini juga dibentuk “PAK BOS” SMP SWASTA KOTA SURAKARTA (Paguyuban Administrasi Keuangan Bantuan Operasional Sekolah) sebagai sarana wadah diskusi dalam pelaporan dan problem solving pada aplikasi Arkas BOS. Pada Kepengurusan ini ditetapkan bahwa narasumber dari TIM BOS SMP Muhammadiyah 1 Surakarta. Sebagai Pembina organisasi PAK BOS ini adalah  Rusmanto dari SMP Muhammadiayah 8 Surakarta, sedangkan Ketua  Karisma Erlangga dari SMP Diponegoro, Sekretaris  Rahma dari SMP Kristen 1 Surakarta, dan Bendahara  Suwarni SMP Muhammadiyah 7 Surakarta.

Pada kesempatan itu juga disampaikan apresiasi dari IKSS atas terbentuknya “PAK BOS” ini, apresiasi disampaikan oleh  Drs.Riyadi Marjono (Kepala Sekolah SMP Kristen 1 Surakarta) selaku ketua IKSS Kota Surakarta yang didampingi oleh  Bambang Condro Hariadi, S.Pd. Selaku Sekretaris Jendral IKSS dan  Bandung Gunadi Selaku Wakil Ketua IKSS Bidang Kurikulum dari SMP Takmirul Islam Surakarta, dan Rusmanto, S.Pd.I, M.Pd.I.Selaku Pembina Organisasi PAK BOS,

“Semoga dengan terbentuknya Forum Komunikasi antar pengelola maupun bendahara BOS SMP Se Kota Surakarta dapat menghasilkan Output Pelaporan yang Transparan dan Akuntabel, dan Dapat Membawa Sekolah SMP Swasta menuju sekolah yang maju dan sukses, seperti halnya slogan dari IKSS yaitu “Maju Bersama Sukses Bersama,” tandas Riyadi Marjono.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!