28.6 C
Jakarta

Siswa Magang di PT. PLN Persero, SMK Muhammadiyah 3 Solo Wujudkan Pendidikan Sistem Ganda

Baca Juga:

 

 

SOLO, MENARA62.COM– SMK Muhammadiyah 3 Surakarta menggelar acara pemberangkatan Magang atau Praktik Kerja Lapangan (PKL) untuk siswa pada kelas industri PLN pada Selasa (26/10/2021).

Kelas yang terpilih oleh PT. PLN (Persero) dan Kementerian Pendidikan untuk belajar langsung di Unit Pelaksana Pendidikan dan Latihan (UPDL)  PLN Semarang. Acara ini digelar setelah siswa mendapatkan materi tentang kelistrikan PLN, Kesehatan dan Keselamatan Kerja Listrik (K3L), serta materi pendukung lainnya selama satu minggu sebelumnya.

Acara dibuka langsung oleh Kepala Sekolah Fauzi Hidayat, S. Pd., M. Pd dan dihadiri oleh orang tua dan siswa kelas Listrik PLN. Pemberangkatan ditandai dengan penyerahan Alat Pelindung Diri (APD) yang didatangkan langsung dari Udiklat Semarang.

Penyerahan Alat Pelindung Diri (APD) bagi siswa magang

APD terdiri dari Helm, baju wearpack dan sepatu yang sesuai dengan standar K3L. Selain itu para siswa juga mendapatkan kaos dan topi yang bisa digunakan untuk kegiatan berolahraga di luar kegiatan di Gardu Induk (GI) PLN.

Selanjutnya siswa akan menjalani tes Swab antigen pada hari Ahad, 31 Oktober 2021 di rumah sakit PKU Muhammadiyah Surakarta. Swab antigen sebagai syarat siswa kelas listrik PLN bisa magang di GI PLN.

Sehari setelahnya siswa akan diserahkan ke pihak UPDL Semarang untuk peresmian magang sebelum diterjunkan langsung di GI PLN. Sejumlah 11 lokasi GI PLN akan digunakan sebagai tempat magang, seperti GI Semanu Gunung Kidul, GI Godean Yogyakarta, GI Klaten, GI Bringin Salatiga dan sejumlah GI di wilayah Surakarta dan sekitarnya. (*)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!