26.1 C
Jakarta

Siswa SMA Muhammadiyah 1 Banda Aceh Studi Tour ke UIN Ar-Raniry, Belajar Tentang Kimia

Baca Juga:

BANDA ACEH, MENARA62.COM – Sekolah Menengah Atas (SMA) Muhammadiyah 1 Banda Aceh melakukan kunjungan ke laboratorium Prodi Pendidikan Kimia UIN Ar-Raniry, Kamis (11/02/2022). Kunjungan tersebut dalam rangka melakukan praktik atau uji coba tentang percepatan reaksi yang di sebabkan oleh beberapa faktor.

Sebanyak 20 siswa dan 3 guru pendamping mengikuti rangkaian kegiatan demonstrasi bersama dosen Prodi Pendidikan Kimia dibantu oleh asisten laboratorium. Siswa tersebut berasal dari kelas X, XI dan XIII SMA Muhammadiyah 1 Banda Aceh.

Kepala SMA Muhammadiyah 1 Banda Aceh Suhartina, S.Pd, M.Pd menyampaiakan ini adalah salah satu program unggulan SMA Muhammadiyah 1, melakukan beberapa rangkaian kegiatan serta memberikan ruang bagi anak anak didik untuk mengenal peralatan laboratorium yang sebagaian besar di sekolah tidak ada.

Selama belajar di laboratorium kimia Kampus UIN Ar-Raniry Banda Aceh Prodi Pendidikan Kimia, siswa siswi sangat antusias sekali mengikuti rangkain kegiatan pembelajaran ini.

Para siswa juga diajak melihat musium Tsunami yang berada di pusat Kota Banda Aceh. Mereka dapat melihat replika kejadian tsunami yang melanda Aceh.

Ketua Prodi Pendidikan Kimia UIN Ar-Raniry Banda Aceh Muzakir, S.Pd, M.Si. mengatakan, “Kami sangat senang dengan adanya kunjungan pembelajaran ini dan berharap nantinya bisa berlanjut pada kesempatan lain, semoga siswa siswi dapat mempelajari Teknik kimia ini setelah lulus dari SMA lebih khusus lagi “

Ketua Pelaksana Kegiatan SMA Muhammadiyah 1 Banda Aceh Adi Sarisma, S.Pd.I dalam kata sambutannya menyampaikan maksud kegiatan ini agar siswa-siswi lebih termotivasi didalam belajar dan mendapatkan pengalaman baru dalam belajarnya dengan adanya demonstrasi di laboratorium.

Kegiatan ini juga merupakan implementasi dari salah satu program unggulan sekolah yaitu studi tour.

Adi Sarisma menambahkan kegiatan kunjungan pembelajaran ini di bagi dalam beberapa kelompok yaitu kunjungan di Museum Tsunami Aceh  agar peserta didik bertambah wawasan dan ilmu pengetahuan pada mata pelajaran geografi, dilanjutkan dengan ke laboratorium prodi kimia  UIN Ar-Niry, praktikum perubahan  warna dari beberapa campuran bahan kimia(slide 1-3), pertunjukan api pada gelombang air sabun (4-5), mengenal lebih dekat peralatan kimia dan mempelajari kewirausahaan kimia.

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!