26.4 C
Jakarta

Situs Kemendagri Diretas

Sampai Pagi Ini Belum Bisa Dibuka

Baca Juga:

JAKARTA, MENARA62.COM — Hingga pagi ini, pukul 5.42 wib, saat menara62.com membuka www.kemendagri.go.id. situs Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), masih tidak bisa dibuka Sebelumnya, dilansir CNBC Indonesia, Ahad (22/9/2019), situs Kemendagri tak bisa dibuka sekitar pukul 18.00 WIB. Situs Kemendagri

Saat diretas, situs itu sempat tertulis pesan duka untuk kondisi Kondisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Tim sedang check, benar di-hack,” kata Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

Tjahjo mengatakan saat di-hack, konten dalam situs resmi Kemendagri menampilkan tulisan R.I.P KPK. “Tujuan (dari hack), aspirasi terkait issue terkait KPK,” kata Tjahjo.

Beredar tangkapan layar tampilan muka laman situs resmi Kemendagri yang diretas itu. Tampilan itu berisi tulisan, “Hacked BySecurity007”. Di bawahnya, ada kalimat yang disampaikan dengan warna tulisan merah dan berhuruf kapital.

“Kau itu pemimpin, yang gaji kau itu kami, seharusnya kau menuruti apa keinginan kami, bukan keinginan mereka yang berdasi !!! Suara rakyat kau batasi, semua kau anggap makar dan dikriminalisasi, kau hanyalah boneka yang diikat tali, tak lebih dari sebuah komedi!!!” demikian bunyi pesan di situs kemendagri.

Perbaikan

Menurut Tjahjo setelah hacker beraksi dan diketahui, pihaknya langsung melakukan shutdown akses publik web server dan menutup akses port file transfer dan database.

Berikutnya, tindak lanjut perbaikan dilakukan tim Kemendagri dengan melakukan backup database dan file dari web server dan menayangkan web server backup, setelah proses backup selesai. Selain itu, tim melakukan security assessment pada web server yang terserang untuk menutup celah yang dibuat para hacker.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!