26 C
Jakarta

SMA Muhammadiyah PK Solo Adakan Pelatihan Public Speaking

Baca Juga:

SOLO, MENARA62.COM — SMA Muhammadiyah Program Khusus (PK) Solo, Jawa Tengah, mengadakan pelatihan bicara di depan publik, Jumat (23/3/2018). Pelatihan di gelar SMA Muhammadiyah PK bekerjasama dengan komunitas MJM Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

Pelatihan yang bertujuan untuk menumbuhkan kemampuan siswa berbicara di depan publik ini, berlangsung di aula SMA Muhammadiyah PK. Sebanyak 82 siswa peserta pelatihan, mengikuti dengan antusias.

Koordinator komunitas MJM, Noval mengatakan, program ini diadakan untuk mengasah keterampilan berbicara siswa. Mereka dilatih agar bisa menjadi pembicara yang baik, serta meningkatkan kemampuan berkomunikasi yang lebih baik.

Komunikasi menjadi kunci utama dalam kesuksesan dalam segala bidang di kehidupan manusia, maka menjadi penting bagi siswa untuk memahami tentang komunikasi.

“Kegiatan training kami awali dengan games dan kami rangsang anak untuk mau bertanya. Kemudian kami bentuk anak-anak menjadi kelompok-kelompok kecil terlebih dahulu, dengan didampingi 2 trainer, dilihat apakah dengan kelompok kecil dia berani berbicara di depan teman-temannya. Setelah berhasil di kelompok kecil, kemudian dibuat kelompok yang lebih besar dan seterusnya sampai anak tersebut berani berbicara di depan orang banyak,” ujar noval.

Dengan demikian, menurut Noval, siswa dapat belajar mempersiapkan presentasi yang baik dan belajar berbicara didepan umum. Karena berbicara didepan publik tidaklah semudah yang diperkirakan.

“Karena ini tahap awal belajar public speaking jadi target awal adalah siswa tidak gagap ataupun nerveous ketika berbicara didepan orang banyak. Selain itu juga dengan dasar public speaking ini nantinya ketika presentasi lebih lancer menyampaikan tanpa sering melihat ke slide,” ujar noval.

Salah satu siswi SMA Muhammadiyah PK, Nadia Afifah mengaku, tadinya berpikir pelatihan ini akan membosankan, ternyata seru sekali. “Kakak trainer memberikan  tips-tips supaya tidak grogi ketika berbicara di depan umum,” ujarnya.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!