25.6 C
Jakarta

Tak Ada Yang Sia-sia

Baca Juga:

Sahabat, yakinlah setiap tetes keringat yang mengalir di tubuh akan menjadi saksi perjuangan kita mewujudkan impian dan cita-cita. Setiap lelah yang mendera fisik dan psikis, akan diganti oleh Sang Maha Kuasa dengan kebahagiaan tak terhingga. Ya, itu semua akan kita dapatkan jika seluruh perjuangan yang kita lakukan, segenap pengorbanan yang kita keluarkan semata mengharap rida Tuhan.

Sertakan Tuhan dalam setiap rencana, setiap langkah, bahkan setiap desahan nafas kita. Karena Dialah yang Mahatahu yang terbaik untuk hamba-Nya.

Boleh jadi kita tidak menyukai bahkan membenci sesuatu, padahal itu yang terbaik bagi kita. Dan boleh jadi kita menyukai dan mencintai sesuatu, padahal itu hal buruk bagi kita. Tuhan Mahatahu apa yang tidak kita ketahui. Demikian ditegaskan Tuhan dalam salah satu firman-Nya.

Seringkali Tuhan membungkus ‘isi kado’ yang indah dengan ‘kertas pembungkus’ yang kusut dan tidak menyenangkan dalam pandangan kita. Sehingga kita sering tidak menyukainya, karena ketidaktahuan kita.

Ketika Tuhan akan meningkatkan kedudukan dan posisi (maqam) seseorang, tidak jarang Dia hadirkan serangkaian peristiwa yang tidak menyenangkan kepada orang tersebut. Inilah cara-Nya untuk menguji siapa di antara kita yang paling baik amalnya (liyabluwakum ayyukum ahsanu ‘amalan).

Fudhail bin ‘Iyadh menfasirkan ungkapan “ahsanu ‘amalan” dengan “ashwabuhu wa akhlashuhu“, yaitu yang paling benar dan paling ikhlas amalnya.

Dengan demikian, setiap peristiwa dan kejadian yang kita alami dan rasakan selalu menyimpan pesan serta pelajaran berharga untuk kita, asal kita ikhlas dan penuh kesabaran dalam menghadapinya.

Hikmah dari peristiwa itu seringkali baru kita rasakan dalam jangka waktu lama, setelah peristiwa dan kejadian itu kita alami dan rasakan. Bahkan tidak jarang, hikmah itu hadir ketika kita sudah melupakan peristiwa dan kejadian yang tidak menyenangkan itu.

Sahabat, yakinlah tidak ada yang sia-sia dalam hidup ini. Suka-duka, bahagia-derita adalah hal biasa yang meliputi hari-hari kita. Yang terpenting dari semu itu adalah jangan sampai suka dan bahagia melenakan kita. Pun dengan duka dan derita jangan sampai mebuat kita putus asa. Yakinlah tidak ada yang sia-sia dalam hidup ini. Yakinlah, Tuhan selalu menghadirkan yang terbaik untuk hamba-hamba-Nya.

Ruang Inspirasi, Ahad (1/3/2020).

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!