28.8 C
Jakarta

Tak Disangka, Cantelan Jumat Berkah Warga Karang Trimulyo Sleman Terawat Hingga Kini

Baca Juga:

SLEMAN, MENARA62.COM – Bermula dari kegiatan berbagi bahan sayuran dan lauk melalui Cantelan Jumat Berkah, pada Ramadhan 1442 lalu, tetapi siapa sangka tradisi baik tersebut terpelihara hingga kini. Ibu-ibu PKK Karang Trimulyo, Sleman sepakat melanjutkan kegiatan Canthelan Jumat Berkah meski bukan lagi bulan Ramadhan.

Ketua PKK Karang Trimulyo Dwi Warini ketika ditemui pada Jum’at 1 Oktober 2021 mengatakan kegiatan Jum’at Berkah Ibu-ibu PKK Karang Trimulyo Sleman awalnya memang dilaksanakan sebagai bagian dari kegiatan semarak Ramadhan 1442 H/2021 M.

“Karena pandemi masih ada, takjil belum bisa disediakan masjid dan mushola. Lalu kami berinisiatif membuat kegiatan Canthelan Jumat Berkah yang intinya berdonasi bahan sayuran maupun lauk-pauk bagi warga yang membutuhkan. Dengan cara seperti ini warga tetap bisa bersodaqoh,” kata Dwi.

Selain berbagi bahan makanan mentah, kegiatan juga diisi dengan berbagi takjil dan berbagi bingkisan lebaran bagi warga kurang mampu. Tak disangka kegiatan tersebut mendapatkan respon positif dari warga, sehingga donatur pun berdatangan.

“Para donatur meminta agar kegiatan ini dilanjutkan di luar bulan Ramadhan. Alhamdulillah, sampai hari ini kita masih bisa terus menggelar kegiatan Canthelan Jumat Berkah,” lanjut Dwi.

Ia mengakui kegiatan Jumat Berkah merupakan kerja keras ibu-ibu PKK didukung karang taruna dan para donatur.

Program Jum’at Berkah dilaksanakan di Taman Katris yang menempati tanah wakaf masjid yang masih kosong kemudian dimanfaatkan untuk kegiatan produktif masyarakat. Pembiayaan pembelian bahan-bahan untuk isian Cantelan Jum’at Berkah selain dari PKK dan donatur sebagian sayuran diambil di kebun sayur Kelompok Tani Wanita (KWT) Sekar Arum milik PKK yang diresmikan bersamaan dengan Pencanangan Kampung Tangguh Nusantara “Adem” Karang Trimulyo Sleman pada bulan November 2020 oleh Bupati Sleman Drs. H Sri Purnomo, M.SI.

Selain berupa uang donatur juga ada yang membantu berupa bahan baik sayur, telur maupun yang lain. tidak kurang dari 40 cantelan disiapkan oleh ibu-ibu PKK. Di luar warga Karang Trimulyo, ada juga donatur dari kampung lain yang berinisiatif ikut dalam kegiatan Jumat Berkah.

“Semoga program Jum’at berkah ini bisa terus berlangsung untuk sedikit membantu warga di masa pandemi yang masih berlangsung dan tentunya sebagai lahan amal shodaqoh bagi para donatur,” tukas Dwi.

Kegiatan ini terbuka bagi masyarakat umum yang ingin ikut berdonasi baik berupa dana maupun bahan makanan. Untuk kelengkapan lauk pauk terkadang dipesan ke Tukang Sayur dari Magelang. Pendanaan berasal dari kas PKK dan donatur lepas, terkadang ada yang mengirim bahan baik sayu , telur dan sebagainya .

Joko Ariyanto salah satu Takmir Masjid Karang Trimulyo berharap kegiatan yang diprakarsai ibu-ibu PKK ini membawa berkah dan manfaat bagi warga dan menjadi catatan amal kebajikan dan shodaqoh. “Sedekah memiliki banyak keutamaan dan amalan yang senantiasa dicontohkan oleh Rasulullah SAW untuk berbagi dan membantu sesama yang membutuhkan yang melatih dan melahirkan sikap empati sosial yang tinggit,” tandas Joko.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!