30 C
Jakarta

Teknologi Terbaru Yamaha R15 Assist Slipper Clutch, Apa Itu?

Baca Juga:

BOGOR, MENARA62.COM—The All New Yamaha R15 dipersenjatai teknologi terbaru yakni Assist & Slipper Clutch. Seperti dijelaskan Visordown, Assist & Slipper Clutch merupakan sebuah teknologi yang membuat motor semakin berakselerasi dan lebih bertenaga. Assist & slipper clutch punya dua cam, assist cam dan slipper cam.

Kerjanya di saat penggunaan secara normal, assist cam berfungsi sebagai self servo dengan menarik clutch hub serta mengoperasikan pelat kopling bersamaan untuk tekan plat kopling. Imbasnya beban per kopling berkurang, efek samping nya pengendarakan tuas kopling sangat ringan.

Tidak hanya itu, disaat pengendara melakukan engine brake saat menurunkan gigi percepatan, biasanya kan terjadi back torque, berhubung saat itu komponen slipper clutch yakni slipper cam akan bekerja, part ini akan membuat clutch hub dan pelat kopling terpisah, hal ini membuat tekanan pada plat kopling berkurang. Dan kebalikannya, saat pengendara melakukan engine brake dengan menurunkan gigi ke posisi lebih rendah, slipper cam gantian bekerja.

Komponen ini memaksa clutch hub dan plat terpisah, yang membuat tekanan pada plat kopling berkurang. Dan pada akhirnya pada saat kita melakukan down shift (penurunan gigi) secara cepat, maka gejala torsi berlebihan pada kopling (disebut juga back torque) yang menyebabkan ban belakang mengalami skid (mengunci) dan hilang traksi tak akan muncul

Walaupun punya teknologi terbaru di motor kelas 155 cc nya ini, Yamaha All New R15 masih menggendong mesin lama berjenis Single OverHead Camshaft (SOHC) yang dibawanya sejak 2014. Mesin lama tetap dipertahankan karena dinilai punya kelebihan yakni beban putaran mesinnya lebih ringan karena hanya menggunakan satu Camshaft. Kekurangannya, mesin biasanya lebih berisik lantaran masih menggunakan dua buah rocker arm.

Yamaha All New R15 didukung dengan kapasitas mesin 155 cc. Yamaha mengklaim mesin ini mampu menyemburkan 14,2 kw per 10.000 rpm torsi maksimal 14,7 Nm per 8.500rpm.

Produk pembaruan Yamaha ini didukung teknologi Variable Valve Actuation (VVA) sehingga mesin lebih bertenaga tapi tak boros bahan bakar.

All New R15 yang belum lama diperkenalkan ini tersedia dalam tiga pilihan warna antara lain merah, biru dan hitam juga memasang ban yang lebih lebar untuk kenyamanan bermanuver dan menggoda untuk dipacu di jalanan. Tampak dua pembalap MotoGP Yamaha, Valentino Rossi dan Maverick Vinales menjajal R15 terbaru di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, kemarin.

 

 

 

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!