28.9 C
Jakarta

Tingkatkan Manajemen Keperawatan, Fikes UNIMMA Gelar Seminar Wound Care

Baca Juga:

MAGELANG, MENARA62.COM – Program Studi (prodi) D3 Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) mengadakan seminar wound care pada Sabtu (28/05). Seminar dengan tema “Peran Perawat dalam Pengendalian Infeksi Proses Penyembuhan Luka” tersebut diadakan melalui ruang temu virtual Zoom Meeting dan diikuti peserta yang terdiri dari mahasiswa Fikes UNIMMA, perawat rumah sakit mitra dan para dosen Fikes UNIMMA.
Ns. Margono, M.kep selaku ketua Prodi D3 Keperawatan mengatakan, webinar bertujuan meningkatkan pemahaman, kapasitas, dan kemampuan dalam manajemen keperawatan sesuai visi misi diploma ilmu keperawatan UNIMMA. “Dengan diadakannya seminar ini, semoga dapat memberi manfaat semua pihak terutama mahasiswa Fikes UNIMMA,” jelasnya.
Sementara itu, Dekan Fikes UNIMMA, Dr. Heni Setyowati Esti Rahayu, S.Kp.,M.Kes sangat mendukung kegiatan seminar wound care. “Perawat luka harus memahami konsep infeksi, entrepreneurship serta mampu menggunakan teori keperawatan dalam prakteknya,” ujar Heni.
Dalam kesempatan tersebut, pembicara seminar wound care didatangkan dari akademisi kesehatan baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Ialah Sujinda Ladasoontorn MN dari Mahidol University, Thailand, Prapai Ariyaprayoon MN dari Mahidol University, Thailand, Dadang S.Kep, WOCN dari Rumah Luka, Bekasi dan Ns. Sumarno Adi Subrata, M.Kep., PhD, dosen Fikes UNIMMA.
Sujinda dan Prapai memaparkan pentingnya memahami konsep infeksi, tata laksana, dan empati kepada pasien. Adapun, Dadang menekankan tentang pengembangan karir perawat luka dengan membuka praktek atau entrepreneurship. Terakhir, Adi menegaskan bahwa intervensi pasien luka dapat menggunakan teori keperawatan serta implementasinya berdasarkan kondisi terkini dari pasien.
Webinar wound care kali ini juga dimeriahkan dengan perlombaan poster wound care yang diikuti oleh mahasiswa UNIMMA maupun mahasiswa luar UNIMMA.  (*)
- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!