30.2 C
Jakarta

TOT Active Learning FKIP UM Purworejo, Tingkatkan Kompetensi Dosen

Baca Juga:

PURWOREJO, MENARA62.COM — Menindaklanjuti komitmen kerja sama antara 3 Perguruan Tinggi di Wilayah Kedu, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo (FKIP UMP) bersama Universitas Muhammadiyah Magelang (UMM) dan Universitas Tidar Magelang (UNTID) selenggarakan Training of Trainer: Active Learning for Higher Education (TOT ALFHE) di Ruang Seminar UMP (27-29/8/2018). Dipaparkan oleh Yuli Widiyono, M.Pd., Dekan FKIP UMP menekankan bahwasanya agenda bersama ini merupakan salah satu bentuk komitmen bersama dalam rangka menggali potensi kemampuan dari para dosen untuk bisa menyampaikan semua kompetensi dan bisa menggali informasi yang dimiliki oleh setiap mahasiswa.

“Kegiatan ini dimaksudkan untuk menjawab tantangan era sekarang ini dimana teknologi sangat diperlukan. Sehingga dengan pembelajaran active learning ini proses pembelajaran itu bisa mengaplikasikan teknologi, metode yang sesuai dengan perkembangan zaman. Kemudian hasil-hasil yang dihasilkan juga bisa optimal berikan multiplayer effect bagi dosen maupun mahasiswa. Di mana dosen sebagai pencetak calon guru yang berkualitas,” paparnya.

Lanjutnya, selain itu juga sebagai upaya strategis siapkan dosen yang terampil dalam mengelola kelas, tingkatkan keterampilan dalam mengajar, berikan motivasi untuk aplikasikan strategi pembelajaran aktif dan optimalkan peran dosen dalam mendidik mahasiswa.

Pelatihan ini diikuti oleh 25 peserta yang terdiri atas 10 dosen Universitas Tidar Magelang, 5 dosen Universitas Muhammadiyah Magelang dan 10 dosen Universitas Muhammadiyah Purworejo. Dengan trainer atau fasilitator yakni Prof. Sukarno, M.Pd., Prof. Dr. Sugeng Eko W., M.Pd., Sri Sarwati, M.Hum., Harry W., M.Pd., Dr. Riana Mashar, M.Si, P.Si., Dr. Imron, M.Pd.I., dan Dr. Suyitno, M.Pd., dengan masing-masing menyampaikan materi yang berbeda-beda seperti PAIKEM, pembelajaran aktif di perguruan tinggi, pemanfaatan lingkungan menjadi media pembelajaran, media pembelajaran inovatif, media pembelajaran movie maker, praktik merancang pembelajaran aktif, pembuatan rubrik, perencanaan perangkat pembelajaran (silabus, RPP dan evaluasi) dan praktek pembelajaran secara langsung.

Ditambahkan Drs. H. Supriyono, M.Pd., selaku Rektor UMP menyambut baik kegiatan TOT ALFHE ini. “Semoga para peserta dapat memanfaatkan event pelatihan ini untuk meningkatkan kompetensi dalam mengelola kelas selama mengajar mulai dari perencanaan, metode, media pembelajaran sampai evaluasi pembelajarannya,” ujarnya.

Rencana tindak lanjut ke depan akan diadakan secara bergantian di Universitas Tidar Magelang dan lainnya serta akan ada pelatihan pembelajaran active learning bagi guru di sekolah tingkat menengah di lingkungan sekitar.

(Akhmad M)

 

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!