30 C
Jakarta

UAD Gelar POR Mahasiswa Cabang Catur

Baca Juga:

YOGYAKARTA, MENARA62.COM — Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta bekerjasama dengan Badan Pembina Olahraga mahasiswa Indonesia (BAPOMI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggelar Pekan Olahraga (POR) Mahasiswa cabang catur. Lomba yang diikuti 42 atlet dari perguruan tinggi negeri dan swasta dilaksanakan di Lantai 5 Kampus 4 UAD Yogyakarta, Sabtu-Ahad (27-28/11/2021).

Dijelaskan Choirul Fajri, SIKom, MA, Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni (Bimawa) UAD, atlet catur mahasiswa terdiri 27 atlet putra dan 15 atlet putri. Mereka akan bertanding pada empat nomor yaitu Catur Perorangan Cepat Putra dan putri, Catur Perorangan Kilat putra dan putri.

“Nomor perorangan cepat putra ada 25 atlet, sedang peroragan cepat putri 15 atlet. Kemudian nomor perorangan kilat 18 orang, dan putri 13 orang. Total catur perorangan cepat sebanyak 40 atlet, dan perorangan kilat 31 atlet,” kata Choirul Fajri.

Lomba catur mahasiswa ini, lanjut Choirul Fajri, merupakan agenda tahun 2020. Namun karena ada pandemi Covid-19, pelaksanaan diundur menjadi tahun 2021. Fajri juga mengharapkan apabila UAD masih dipercaya bisa menggelar event ini di tahun 2022 mendatang.

Sedang Dr Sri Rezeki, Sekretaris Umum BAPOMI DIY mengatakan POR Mahasiswa Cabang Catur ini diharapkan bisa menelorkan bibit-bibit catur yang bisa mewakili DIY untuk berkiprah kompetisi tingkat nasional. Ia mengharapkan atlet mahasiswa catur yang berkiprah di UAD ini dapat meniru M Kahfi Maulana dari Departemen Teknik UGM.

Pada PON XX di Papua, Kahfi berhasil mempersembahkan tiga medali. Ketiga medali adalah emas perorangan catur klasik terbuka putra, emas perorangan catur cepat terbuka putra, dan perunggu perorangan catur kilat terbuka putra.

Ketua Pengda Percasi DIY, Iwan Prihastomo mengatakan atlet catur DIY yunior dapat menciptakan prestasi tingkat nasional. Namun saat mereka memasuki remaja sering mengalami penurunan prestasi.

Karena itu, Iwan Prihastomo mengapresiasi UAD dalam menyelenggarakan POR Cabang Catur bagi mahasiswa. POR ini menjadi ajang pembinaan kelajutan atlet yunior agar prestasinya tetap terjaga.

Sementara Dr Gatot Sugiharto, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni mengatakan saat ini UAD belum memiliki Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Catur. Meski demikian, UAD bersedia menyelenggarakan POR Mahasiswa Cabang Catur. Untuk kelancaran pelaksanaan POR Mahasiswa ini, UAD menggandeng Pengda Percasi DIY.

Gatot juga mengharapkan POR Mahasiswa Cabang Catur ini dapat menelorkan atlet-atlet berbakat dari kalangan mahasiswa. Sehingga mereka bisa mengharumkan almamater dan Daerah Istimewa Yogyakarta atau daerah yang mereka wakili di tingkat nasional.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!