28.8 C
Jakarta

UAD Tempati Peringkat 15 Simkatmawa 2021

Baca Juga:

YOGYAKARTA, MENARA62.COM — Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menempati peringkat 15 nasional bidang kemahasiswaan perguruan tinggi pada Sistem Informasi Manajemen Pemeringkatan Kemahasiswaan (Simkatmawa) tahun 2021. Peringkat ini naik lima tingkat dibandingkan tahun 2020 yang menempati posisi 19. Peringkatan ini diumumkan pada laman Simkatmawa.kemendikbud.go.id, Selasa (7/12/2021).

Choirul Fajri, SIKom, MA, Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni UAD mengungkapkan hal tersebut pada rilis yang dikirim ke redaksi menara62.com, Jumat (10/12/2021). Pemeringkatan tahun ini dibagi dua yaitu peringkat di liga dan nasional (universitas). Untuk katagori liga, UAD menempati peringkat 16, sedang peringkat nasional menduduki rangking 15.

Liga 1, tambah Choirul Fajri, merupakan kumpulan kampus besar, perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS) di Indonesia yang memiliki jumlah mahasiswa aktif lebih dari 18.000 orang. Sedangkan Liga 2 jumlah mahasiswa aktif lebih 5.000 – kurang dari 18.000. Untuk Liga 3 jumlah mahasiswa aktif lebih dari 1.000 – kurang dari 5.000. Sedang, Liga 4 perguruan tinggi yang jumlah mahasiswa aktif di bawah 1.000.

Dijelaskan Choirul Fajri, Simkatmawa merupakan sistem pelaporan kegiatan bidang kemahasiswaan untuk penilaian kinerja kemahasiswaan perguruan tinggi PTN maupun PTS di Indonesia. Sistem ini diadakan Kemendikbudriset dan pemeringkatan dilakukan setiap tahun guna mengetahui kualitas pengelolaan dan pembinaan kemahasiswaan di perguruan tinggi.

Lebih lanjut ia menjelaskan, terdapat empat indikator penilaian dalam Simkatmawa, yaitu Manajemen Institutional, Implementasi Regulasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Kompetisi yang Diadakan oleh Kemendikbudriset, serta Prestasi Mandiri. Seluruh kegiatan tersebut berjalan dalam satu tahun kemudian dihitung dan diberikan penilaian.

“Mendorong naiknya peringkat ini adalah mahasiswa yang makin aktif mengikuti berbagai perlombaan dan kompetisi kemahasiswaan, khususnya kegiatan yang diadakan oleh Kemendikbud,” tandas Fajri.

Ia berharap ke depannya, UAD terus melakukan pembinaan kepada mahasiswa untuk lebih aktif dalam kegiatan serta memberikan support system kepada mereka. Selain itu UAD akan memberikan fasilitas berupa pendampingan intensif pada saat mahasiswa mengikuti kompetisi. Dengan begitu universitas ini bisa mempertahankan peringkat, bahkan bisa naik peringkat tahun depan.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!