30.7 C
Jakarta

Uhamka Raih Akreditasi Unggul

Baca Juga:

JAKARTA, MENARA62.COM – Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) mendapat kado istimewa berupa perolehan akreditasi Unggul berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) nomor 290/SK/BAN-PT/AK-ISK/PT/VI/2022. Akreditasi dengan peringkat terbaik tersebut diterima Uhamka tepat bersamaan dengan digelarnya Sidang Senat dalam rangka Wisuda Magister, Sarjana dan Ahli Madya Uhamka Tahun 2022 Gelombang 2 bertema Profethic University untuk Generasi Unggul di Era Digital yang berlangsung di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC), Selasa (28/6/2022).

Rektor Uhamka Prof Gunawan Suryoputro menyampaikan rasa syukur dan apresiasi setinggi-setingginya atas pencapaian yang telah diraih Uhamka. Tentu hal ini juga merupakan hasil kolaborasi dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, alumni dan stakeholder Uhamka.

“Alhamdulillah, pada hari di mana kita melepaskan para Hamka muda untuk melanjutkan cita-citanya, kita mendapatkan kado istimewa dengan diraihnya akreditasi Unggul. Terima kasih atas doa dan kerja keras bapak ibu dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, alumni dan juga semua keluarga besar Uhamka. Semoga Allah membalas kebaikan dan semangat kita semua,” tutur Gunawan.

Diakui Rektor, perolehan akreditasi Unggul merupakan bukti kerja keras dari berbagai pihak dan menjadi puncak dari berbagai prestasi yang berhasil diukir Uhamka. Mulai dari terpilihnya sebagai Perguruan Tinggi Islam terbaik di DKI Jakarta, peringkat ke-1 versi impact Webomatrics dari Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aiysiyah se Indonesia-Malaysia. Kemudian Uhamka juga menjadi Top 5 dari Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Di sisi lain, akreditasi Unggul juga menjadi bukti komitmen Uhamka dalam meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan, perbaikan sarana dan prasarana, optimalisasi pemanfaatan teknologi dan implementasi kurikulum yang ada.

Sebelumnya Uhamka telah meraih akreditasi Unggul untuk Progam Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Kini Uhamka berhasil meraih Sertifikasi Akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) berdasarkan Surat Keputusan No. 290/SK/BAN-PT/AK-ISK/PT/VI/2022.

Bagi Rektor, perolehan akreditasi Unggul membawa kebanggaan yang luar biasa bagi seluruh sivitas akademika Uhamka. Sebab dari 2.887 universitas yang ada di Indonesia dan terdaftar di BAN -PT, hanya 31 universitas yang terakreditas Unggul, salah satunya Uhamka.

Untuk diketahui Akreditasi Unggul adalah capaian tertinggi bagi universitas di Indonesia terkait mutu dan kualitas perguruan tinggi. Akreditasi dilakukan dan diberikan oleh Badan Akreditasi Perguruang Tinggi Indonesia (BAN-PT) dengan memperhatikan 9 kriteria yakni visi, misi, tujuan dan sasaran; tata pamong, tata kelola dan kerjasama; mahasiswa; sumber daya manusia; keuangan, sarana, dan prasarana; pendidikan; penelitian; pengabdian kepada masyarakat; luaran dan capaian Tri Dharma Perguruan Tinggi.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!