25.2 C
Jakarta

UMS Jadi Tuan Rumah Halalbihalal dan Temu Kangen Kagama Surakarta

Baca Juga:

SOLO, MENARA62.COM – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menjadi tuan rumah Halalbihalal dan Temu Kangen Kagama Surakarta. Kagama atau Keluarga Alumni Gadjah Mada merupakan ikatan alumni dari Universitas Gadjah Mada (UGM). Kegiatan untuk mempererat tali silaturahmi ini digelar di Gedung Induk Siti Walidah Lantai 7 UMS pada Ahad (5/5/2024).
Rektor UMS Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si., yang juga merupakan bagian dari Kagama merasa bahagia karena UMS menjadi tuan rumah untuk pertemuan Kagama. Dosen dan karyawan UMS yang merupakan alumni dari UGM berjumlah lebih dari 200.
“Tentu saya ingin memamerkan kondisi UMS ini yang Alhamdulillah setelah saya pimpin semakin berkembang dan semakin maju,” ungkap Sofyan Anif.
Dia bercerita bahwa dirinya sering bertemu dengan Gubernur Jawa Tengah 2013-2023 yaitu Ganjar Pranowo dan Rektor UGM periode 2017-2022 Panut Mulyono. Dirinya akrab dengan Mantan Rektor UGM itu sehingga akhirnya Rektor UMS mengadopsi kepemimpinannya.
“Akhirnya kami mengadopsi pola kepemimpinan yang beliau lakukan di UGM dan kemudian saya terapkan di UMS, dan Alhamdulillah bisa sesuai dengan harapan,” terangnya.
Dia menambahkan, UMS sekarang sudah semakin bisa mengikuti jejak dari UGM. Ketika UGM sudah menjadi world class, UMS sedang menuju itu. Sehingga pada tahun 2029 nanti sudah leading dengan perguruan tinggi dengan sebutan World Class University.
“Salah satu yang bisa kami tunjukkan, kami punya kelas di Korea Selatan,” ujar Rektor UMS.
UMS sekarang sudah menjadi pilihan pertama, yang berarti ketika sudah diterima di UMS calon mahasiswa menolak untuk menerima jatah kursi di perguruan tinggi negeri.
“Maka ini sebagai suatu kebanggaan buat saya yang sama-sama kita punya guru yang sama di UGM. Kemudian kita kembangkan, Alhamdulillah nantinya bisa menyamai seperti UGM,” tuturnya lebih lanjut.
K.G.P.H Dipokusumo Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat selaku Ketua Kagama Cabang Kota Surakarta mengapresiasi atas kesediaan dan jamuan dari UMS.
“Dan terima kasih, kami atas nama Kagama Surakarta dan juga Solo Raya yang hadir hari ini telah mendapatkan fasilitas, banyak kemudahan, dan tidak hanya sekali lho. Dulu pernah juga dipinggir danau, tadi juga malah sempat ada yang naik perahu,” ungkapnya.
Sebelum berkumpul di Lantai 7 Gedung Induk Siti Walidah UMS, Kagama yang hadir dipersilakan untuk menaiki perahu karet dengan pendampingan dari Mahasiswa Muslim Pecinta Alam (MALIMPA) UMS di Danau UMS. Rektor UMS dalam momen halalbihalal tersebut juga memberikan tausyiah. Selain itu, dorprize sepeda dan ragam lainnya juga diberikan dalam agenda ini. (*)
- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!