27.5 C
Jakarta

Unkris Ubah Mindset Mahasiswa untuk Jadi Wirausahawan

Baca Juga:

BEKASI, MENARA62.COM – Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di Universitas Krisnadwipayana (Unkris) tidak hanya diisi dengan materi yang berhubungan dengan lingkungan dan fasilitas kampus, tetapi juga diisi dengan materi kewirausahaan. Materi Kewirausahaan yang disampaikan oleh Ketua Lembaga Pengembangan Kreativitas dan Kebangsaan (LPKK) Unkris Dr Susetya Herawati tersebut bertujuan membangun mindset kewirausahaan para mahasiswa sejak dini.

“Ketika mahasiswa datang ke kampus, kita akan bantu buka wawasan bahwa menjadi seorang wirausahawan adalah pilihan yang tepat dan strategis ketika mereka harus memasuki dunia kerja,” kata Herawati.

Menurutnya banyak mahasiswa yang datang dan belajar di kampus dengan titik pemberangkatan yang kurang tepat. Mereka mengejar nilai akademik yang tinggi dan bercita-cita menjadi pegawai atau karyawan.

Padahal menjadi seorang wirausahawan, tidak hanya bermanfaat untuk kehidupannya sendiri tetapi juga bagi masyarakat sekitarnya, dengan membuka kesempatan pekerjaan dan memberikan kesejahteraan.

Bagi Herawati, setiap orang sejatinya memiliki potensi yang bisa dikembangkan untuk menjadi peluang usaha. Potensi yang dimiliki tentu membutuhkan kreativitas dan inovasi. “Itulah mengapa perlu belajar di perguruan tinggi. Salah satunya agar daya kreativitas dan inovasi seseorang bisa dioptimalkan,” tambahnya.

Herawati mengakui banyak orang yang akhirnya gagal menggali potensi diri sendiri. Salah satu penyebabnya adalah melihat ‘gelas’ orang lain, sehingga merasa bahwa dirinya kosong tidak memiliki kemampuan apa-apa. “Padahal kita tahu setiap bayi terlahir dengan keunikan dan potensi,” jelas Herawati.

Karena itu Herawati menekankan pentingnya membangun mindset kewirausahaan sedini mungkin. Mahasiswa harus mampu membangun noble purpose, hal mulia apa yang ingin dilakukan untuk memberikan solusi bagi lingkungannya. Jika menjadi wirausahan dia akan menciptakan produk atau jasa bagi yang lain. Tetapi jika menjadi seorang pegawai atau karyawan, maka harus mampu memberikan masukan yang baik bagi perusahannya untuk terus maju.

Lebih lanjut Herawati menjelaskan bahwa untuk menjadi seorang wirausahawan yang sukses, kreativitas dan inovasi menjadi dua kunci utama. Kreativitas berhubungan dengan kapasitas pikiran, yang melibatkan rasa dan kehendak. Talenta atau bakat bawaan mendukung kreativitas meski tidak semua orang memilikinya.

Sedang inovasi berhubungan dengan penemuan khusus dalam bidang sains dan teknologi yang lebih berstandar pada kekuatan rasio tanpa melibatkan rasa, emosi dan kehendak.

Seorang wirausahawan jelas Herawati harus memiliki keberanian dan daya kreasi yang tinggi, semangat dan kemauan keras, mempunyai daya analisis yang benar, mempunyai jiwa pemimpin dan tidak berlaku konsumtif , membuat keputusan dan melaksanakan keputusan serta memiliki pengabdian yang besar pada bisnisnya.

PKKMB bertema ‘Sinergi Patriot Lestarikan Budaya’ digelar secara luring di kampus Unkris, Jatiwaringin, Pondokgede, Bekasi. Selain Ketua LPKK Unkris Dr Susetya Herawati, kegiatan PKKMB yang dibuka Rektor Ayub Muktiono tersebut juga menghadirkan narasumber Ketua Umum Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Darat (PPAD) Letnan Jenderal TNI (Purn) Dr. Doni Monardo, Mantan Deputi Pencegahan Badan Narkotika Nasional (BNN) Irjen Pol (Purn) Dr. Drs. Ali Johardi, SH,MH dan Warek 3 Unkris Dr Parbuntian Sinaga.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!