30.2 C
Jakarta

Wisata Alam  Plunyon Kali Kuning  Cangkringan di Awal Tahun 2022

Baca Juga:

 

SLEMAN, MENARA62.COM –Mengeksplorasi wisata di kawasan lereng Gunung Merapi, Yogyakarta, seolah tak ada habisnya. Kali ini kita jelajahi salah satu keindahan tersembunyi yang ada di sana, yakni obyek wisata alam Plunyon Kalikuning. Lokasinya berada di Kedungsriti, RT.01/RW.06, Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Sleman, Yogyakarta.

Tempat wisata ini, berupa taman yang berada di tepi sungai Kuning. Di lokasi ini, memiliki jembatan yang ikonik, dengan area dengan panorama perbukitan menghijau, dengan latar belakang gagahnya gunung Merapi.

Tempat ini bisa menjadi alternatif  selain Kaliurang serta Kaliadem dan berbagai tawaran wisata lain terkait Merapi dengan segala sejarah dan peristiwa erupsi 2010 yang masih mengharu biru dan penuh kenangan dan kini telah bangkit serta menjadi wisata yang menjadi tambahan mata pencaharian bagi warga sekitar. Plunyon sekarang telah kembali menjadi idola wisata yang cantik menarik dengan sederetan tumbuhan pinus dan lainnya yang menghijau serta ditata dengan tambahan berbagai fasilitas pendukung lain seperti canopy trail yaitu pepohonan yang terhubung oleh  jembatan kayu menambah sensasi untuk menambah koleksi foto dan terutama segarnya udara pegunungan yang bisa mengobati rasa lelah dan menyejukkan mata dengan suasana alam asri.

Suguhan lain adalah tampilan sungai Kali Kuning yang bertingkat yang ada di sisi kiri, dengan kedalaman yang mencapai puluhan meter dan bersumber dari Umbul Wadon. Kita isa menikmatinya dari atas jembatan pertama yang juga ikonik dan perlu kehati-hatian juga jangan lengah terpesona keindahan dan berselfi ria tanpa memperhatikan keadaan sekitar  dan berikutnya ada jembatan kedua yang tak kalah asyiknya untuk dilalui

Dalam kesempatan melepas kepanatan di 1 Januari 2022, penulis menyempatkan diri mengunjungi Plunyon Kali Kuning kembali dan sambutan yang ramah dari masyarakat sekitar dan pengelola semakin menambah asyiknya suasana.  Dengan tiket masuk seharga Rp. 12.500  sangat-sangat terbayar dengan suguhan keindahan alamnya, meskipun siang sang Merapi malu-malu menampakkan diri karena tertutup kabut.

Menurut Ponco Waluyo penanggung jawab bagian retribusi taman wisata Gunung Merapi yang menjadi induk dari Plunyon, “ pada 1 Januari 2022 ada peningkatan jumlah pengunjung yang cukup menggembirakan sebanyak 413 orang di Plunyon, sedangkan di obyek Muncar/ Kaliurang ada kunjungan 1545 wisatawan, meski demikian prorokol kesehatan tetap menjadi perhatian pengelola untuk senantiasa mematuhinya dan harapannya pandemi segera berakhir agar denyut kehidupan wisata makin meningkat” pungkasnya.

Jembatan Ikonik

Tertarik ke Plunyon, dapat menyusuri seputaran Jalan Kaliurang hingga menuju ke kawasan Merapi Golf, setelahnya tiba simpangan jalan bisa dilihat Merapi Jeep Land Cruiser Basecamp, kemudian ambil jalan arah kiri dan kuti rambu petunjuk arah yang tersedia dan jalan setapak untuk  motor maupun dengan jalanan berbatu, sampai disana disambut gerbang Plunyon yang menawan dan keindahan alam sudah menunggu untuk kita nikmati serta mensyukuri betapa agung ciptaan sang Maha Pencipta.

 

 

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!