28.8 C
Jakarta

4.500 Mahasiswa Baru UHAMKA Ikuti Kegiatan Pekan Ta’aruf

Baca Juga:

JAKARTA – Kenalkan lingkungan kampus dan budaya akdemik, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA) gelar Pekan Ta’aruf (PETA). Tahun ini, PETA diikuti oleh 4.500  mahasiswa baru dari berbagai program studi.

PETA yang digelar oleh Keluarga Mahasiswa (KM) dan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) UHAMKA tersebut berlangsung 27-30 Agustus 2018.

Wakil Rektor III UHAMKA Dr. H. Bunyamin, M.Pd. dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada seluruh mahasiswa baru tahun akademik 2018/2019.

“Selamat bergabung di Kampus Tanpa Asap Rokok, Kampus Unggul, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka,” kata Bunyamin, Senin (27/8).

Hadir dalam acara pembukaan PETA antara lain pimpinan Fakultas, Kepala Pusat Neurosains UHAMKA Dr. Rizki Edmi Edison, Ph.D, Presiden Mahasiswa (Presma) terpilih periode 2018 -2019 Arif Rahman Hakim dan Ketua  Pusat Pembinaan dan Pengembangan Kemahasiswaan Dan Alumni (P3KA) Gilang Kumari Putra, S.Sos., M.I.Kom.

Wakil Rektor III UHAMKA Dr. H. Bunyamin, M.Pd. saat membuka PETA. (ist/uhamka)

Bunyamin mengatakan bahwa mahasiswa adalah orang dewasa yang harus diperlakukan secara dewasa dan elegan. Karena itu dipastikan dalam kegiatan PETA, tidak ada unsur kekerasan apalagi kegiatan yang bersifat intimidasi bagi mahasiswa baru.

PETA sendiri mulai diperkenalkan sejak tahun 2016. Kegiatan ini digagas oleh mahasiswa KM dan IMM UHAMKA sebagai upaya perlunya mempersiapkan dan memperkenalkan mahasiswa baru tentang kehidupan kampus. Dengan demikian mahasiswa baru dapat segera beradaptasi dengan kehidupan yang baru.

“PETA merupakan proses mengenal lebih dalam Kampus UHAMKA tercinta sehingga tumbuh ikatan emosial baik dengan kampus, maupun antar mahasiswa termasuk dengan dosen dan karyawan,” lanjut Bunyamin.

Selain itu, PETA UHAMKA juga  diadakan sebagai ruang bagi mahasiswa baru untuk saling mengenal satu sama lain.

Penyematan tanda peserta PETA kepada mahasiswa baru.(ist/uhamka)

Sementara itu, Presiden Mahasiswa UHAMKA terpilih periode 2018 -2019 Arif Rahman Hakim yang juga bertindak sebagai ketua panitia PETA mengatakan tahun ini PETA dibagi menjadi dua yaitu PETA tingkat universitas dan PETA tingkat fakultas.

Pada PETA tingkat universitas, mahasiswa baru dikenalkan dengan hal-hal terkait kebijakan kampus, lingkungan kampus secara menyeluruh dan lainnya.Sedang PETA tingkat fakultas sifatnya lebih spesifik kepada kegiatan-kegiatan yang digelar ditingkat fakultas.

Mengawali sambutannya dengan melontarkan slogan Semangat Transformasi di Indonesia Emas, Arif selanjutnya mengajak mahasiswa baru UHAMKA untuk aktif, membangun karakter baik dan dapat berkontribusi bagi kemajuan kampus UHAMKA.

“Semoga melalui kegiatan PETA ini, kalian semakin yakin bergabung dan menimba ilmu di kampus UHAMKA untuk melahirkan generasi-generasi emas bagi kemajuan Indonesia dimasa mendatang,” kata Arif.

Dalam kegiatan PETA  Kepala Pusat Neurosains UHAMKA Dr. Rizki Edmi Edison, Ph.D berkesempatan menjadi narasumber yang membawakan materi berjudul “Optimalisasi Peran Mahasiswa Sebagai Generasi Muda di Era Millenial Menuju Kedaulatan Bangsa yang Egaliter”.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Rektor III Bunyamin menyematkan tanda peserta kepada dua mahasiswa perwakilan. Mereka adalah Bellen Bangun Swasono mahasiswa Fakultas Agama Islam (FAI) program studi  Pendidikan Agama Islam dan Rilla Rifatul Hikmah mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Program Ilmu Gizi.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!