27.3 C
Jakarta

40 K3S Balikpapan Utara Kunjungi SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo

Baca Juga:

 

SOLO, MENARA62.COM – SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo terima kunjungan studi Kelompok Kerja Kepala (K3S) Sekolah Dasar Kecamatan Balikpapan Utara Kota Balikpapan. Rombongan tersebut terdiri atas Sekretaris Dinas Pendidikan dan 40 Kepala Sekolah Negeri dan Swasta, Kamis (29/2/2024).

Hadir membersamai dalam acara tersebut Dinas Pendidikan Dian Rineta yang diwakili oleh Kasi Manajemen dan Peningkatan Mutu Sekolah Dasar Bidang SD Dinas Pendidikan Kota Surakarta Priyono SPd MPd, Pengawas SD Gugus II Korwil III Kecamatan Banjarsari Kartono MPd, serta sejumlah pimpinan wakil kepala sekolah Kurikulum Imam Priyanto, Staf Sri Martono Lanjarsari, Humas Jatmiko, Al Islam Kemuhammadiyahan Ahmad Syaifuddin, dan Sarpras Jaka Prasetya serta lainnya yang turut menyemarakkan momen kunjungan bersejarah tersebut.

Kepala SD Muhammadiyah 1 Ketelan, Sri Sayekti menyambut baik kunjungan studi banding dari K3S tersebut. Menurutnya, Kurikulum Merdeka adalah suatu kurikulum pembelajaran yang mengacu pada pendekatan bakat dan minat serta kemampuan murid (BSNP).

“Untuk SD Muhammadiyah 1 Ketelan menggunakan Kurikulum Merdeka, Kurikulum Ismuba PP Muhammadiyah, Kurikulum Cambrige dan Kurikulum Muatan lokal Jawa Tengah,” jelasnya.

Kurikulum Merdeka lebih berfokus pada materi yang esensial dan pengembangan kompetensi peserta didik pada fasenya. Proses Pembelajaran diharapkan menjadi lebih mendalam, bermakna, tidak terburu-buru dan menyenangkan

“Pembelajaran berbasis projek untuk pengembangan soft skill dan karakter sesuai Profil Pelajar Pancasila. Fokus pada materi esensial sehingga ada waktu cukup untuk pembelajaran yang mendalam bagi kompetensi dasar seperti literasi dan numerasi,” ungkapnya.

Kegiatan studi petik diwarnai diskusi dan tanya jawab tentang manajemen inovasi kartu M1Smart Card, kurikulum, pengelolaan sekolah, humas dan publikasi, dan program-program unggulan sekolah. Acara diakhiri dengan pertukaran cindera mata kedua belah pihak.

“Pencapaian IKM di sekolah yang berdiri sejak 1935 ini dalam IKM di tahun ketiga adalah Choching, Refleksi dan RTL hasil Refleksi, Pelatihan : FGD, IHT, Workshop, Lesson study for learning community, Supervisi Akademik, PMO Level Sekolah, Komunitas belajar: sekolah, antar, sekolah, daring,” tandasnya.

Di sela-sela acara, Ketua K3S Sekolah Dasar Kecamatan Balikpapan Utara Iin Ratmayati SPdSD MM menyampaikan, kegiatan ini merupakan bentuk eksplorasi dan silaturahmi sekolah dalam implementasi kurikulum merdeka.

“Luar biasa yang kami dapatkan hari ini. Tidak salah kami direkomkan uji petik di sekolah ini oleh Prof Dr Baharuddin,” ujar Iin Kepala SDN 009 Balikpapan Utara. (*)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!