27.3 C
Jakarta

Kisah Mahasiswa Double Degree Ilmu Komunikasi UMS Lulus Dong-A University Korea Selatan

Baca Juga:

 

SOLO, MENARA62.COM – Istiqomah Yuri Meilani, mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Kelas Internasional Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) program Double Degree di Dong-A University, Korea Selatan, telah selesai menempuh studi dengan mendapat gelar Bachelor of Communication dari Dong-A University.

Isti menceritakan bagaimana dia bisa mengikuti program Double Degree di Dong-A University, Korea Selatan.

“Berawal dari kuliah di Prodi Ilmu Komunikasi UMS program Kelas Internasional, di situ ada berbagai tawaran untuk program Double Degree di universitas luar negeri,” kata Isti saat diwawancarai melalui platform Zoom Meeting, Kamis (29/2/2024).

Ia juga memaparkan bahwa biaya perkuliahannya selama di Dong-A University ditanggung oleh UMS sebanyak 50% dan dibantu juga dalam mengurus visa pelajar Korea.

Alasannya mengikuti program Double Degree di Kelas Internasional UMS adalah karena ingin mencoba pengalaman internasional.

Isti menceritakan persiapannya untuk mengikuti program Double Degree di Dong-A University, Korea Selatan. Persiapan untuk kuliah Double Degree di Korea Selatan harus mengikuti kelas bahasa Korea terlebih dulu yaitu selama 1 tahun.

“Karena kuliah di sini full pakai bahasa Korea, jadi kita diikutkan dalam kelas bahasa supaya lebih mudah dalam mengikuti perkuliahan,” lanjut dia.

Ia menyampaikan berbagai cerita menarik saat mengikuti perkuliahan di sana. Mulai dari berinteraksi langsung dengan orang asli Korea, fokus pembelajaran yang berbeda dengan Indonesia, sampai dengan kebiasaan orang Korea yang berbeda 180 derajat dengan orang Indonesia.

“Di Prodi Komunikasi UMS kan berfokus pada media jurnalistiknya ya, pada Program Double Degree saya bisa lebih melengkapi pengalaman karena pelajaran di Dong-A University lebih berfokus pada media berupa produksi Film dan Entertain,” papar mahasiswi asal Laweyan, Surakarta itu.

Yang lebih menariknya lagi, lanjutnya, di sini (Korea) orangnya benar-benar disiplin dan ambisius.

“Kalau ada yang terlambat dua menit saja sudah dikurangi nilainya, dan teman-teman ingin menyelesaikan tugas kurang dari satu minggu walaupun batas pengumpulan tugas masih satu bulan,” ungkapnya.

Isti memberikan beberapa tips untuk yang ingin mengikuti jejaknya dalam mengikuti Program Double Degree di Dong-A University. Berdasarkan dari pengalamannya yang kebanyakan mahasiswa lain berfokus untuk mencari penghasilan sampingan, dia berpesan untuk tetap fokus kepada tujuan utama yaitu menempuh pendidikan.

“Menurut aku jangan fokus ke hal lain, fokuslah sebagai pelajar karena niat utamanya untuk belajar,” kata Isti. (*)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!