28.9 C
Jakarta

5 Cara agar Tetap Sehat saat Bekerja dari Rumah

Baca Juga:

JAKARTA, MENARA62.COM — Work from home pada masa pandemi, yang salah satunya adalah karena Covid-19 membuat banyak orang harus bekerja dari rumah. Bagi sebagian orang mungkin akan bingung karena selalu terbiasa mengerjakan pekerjaan di luar baik itu di kantor, di pabrik, di lapangan maupun di tempat lainnya.

Saat bekerja dari rumah atau work from home, ternyata menimbulkan berbagai macam kendala dan akibat. Beberapa di antaranya seperti kurangnya bersosialisasi, mudah stress, overwork atau kerja berlebihan dan cepat lelah. Bekerja dari rumah intinya memiliki tantangan tersendiri dan harus tahu bagaimana agar tetap waras dan semangat saat menjalaninya.

Tidak usah khawatir! Pada artikel ini akan membahas 5 cara agar Anda tetap sehat saat bekerja dari rumah, yang akan membuat Anda tetap semangat bekerja dari rumah dan tentunya bisa menyelesaikan deadline yang sesuai dengan target. Beberapa di antaranya adalah:

1. Konsumsi Makanan dan Minuman yang Sehat
Tubuh membutuhkan asupan makanan dan minuman yang bersih dan sehat kapanpun dan dimanapun, khususnya saat dalam masa pandemi seperti ini. Kebutuhan nutrisi makanan yang dibutuhkan adalah karbohidrat, protein, lemak, serat dan unsur gizi lainnya.

Di samping itu, minuman bervitamin juga sangat dibutuhkan. Salah satu hal yang dilakukan adalah menyediakan jus buah dengan juicer terbaik, supaya nutrisi vitamin per hari tetap terjaga walau harus bekerja dari rumah. Dengan keseimbangan nutrisi dalam makanan dan minuman yang cukup, akan membuat Anda tetap prima dalam menjalankan tugas Anda saat berada dalam status work from home.

2. Lakukan Beres-Beres Kamar atau Rumah
Selain membuat Anda tidak sumpek dan membuat pekerjaan menjadi lebih lancar, beres-beres rumah dapat menjadi alternatif supaya tetap produktif saat bekerja dari rumah. Anda dapat melakukan beres-beres rumah dengan menggunakan vacuum cleaner, menaruh kembali berbagai berkas dan buku di tempatnya, merapikan tempat tidur dan berbagai kegiatan lainnya.

Dengan melakukan beres-beres rumah, di samping secara tidak langsung berolahraga, juga membuat suasana ruangan rumah Anda menjadi lebih nyaman dan lebih terorganisir.

3. Tetap Terhubung dengan Sahabat atau Rekan Kerja
Salah satu sisi negatif bekerja dari rumah adalah kurangnya bersosialisasi, karena pandemi COVID-19 membuat Anda harus mengisolasi diri dan menjauhi kerumunan banyak orang. Dengan terhubung dengan rekan kerja baik atau dengan sahabat terdekat, maka Anda akan terbebas dari rasa kesepian dan membuat kesehatan mental tetap terjaga.

Ada banyak sekali aplikasi atau media sosial yang dapat digunakan untuk terhubung dengan rekan kerja dan sahabat Anda. Lakukan silaturahmi dan tetaplah berkomunikasi sebagaimana layaknya Anda bersosialisasi di luar rumah.

4. Berjemurlah pada Pagi Hari
Kegiatan yang dapat membuat Anda tetap sehat saat melakukan kerja di rumah adalah dengan berjemur di pagi hari. Ada banyak manfaat yang dirasakan saat berjemur beberapa di antaranya adalah menyehatkan tulang-tulang Anda, menambah sistem imunitas tubuh dan membuat suasana hati menjadi lebih baik.

Dengan berjemur di pagi hari, maka Anda akan membuat dampak yang positif ketika bekerja dari rumah. Sediakan waktu di pagi hari, rasakan manfaat dan bandingkan apa saja yang didapat sebelum dan sesudah berjemur di bawah sinar matahari pagi.

5. Kurangi cemilan dan makanan yang memiliki gula tinggi
Banyak kasus yang mencatat bahwa saat bekerja dari rumah, orang-orang mengalami penambahan berat badan yang diakibatkan oleh mengkonsumsi cemilan dan makanan lain yang memiliki kadar gula yang tinggi.

Ketika Anda sering mengkonsumsi makanan yang manis yang berlebih, ternyata berdampak pada sulitnya berkonsentrasi, berat badan melonjak naik dan meningkatnya kadar gula dalam darah. Agar tetap sehat dan selalu fokus bekerja dari rumah, sebisa mungkin kurangi cemilan dan makanan dengan kadar gula yang tinggi.

Catatan
Ada banyak langkah untuk tetap sehat saat bekerja dari rumah yang dapat Anda lakukan selain kelima hal di atas. Usahakan untuk rutin berolahraga, duduk dengan posisi tubuh yang benar saat bekerja, buat jadwal untuk membagi waktu untuk beristirahat dan bekerja, dan tetaplah selalu bahagia, karena bahagia hanya ada di tangan Anda. (*)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!