29.3 C
Jakarta

AHY Luncurkan Program One Day One Page di Pesantren WALI

Baca Juga:

 

SALATIGA, MENARA62.COM — Ada agenda berbeda dalam kegiatan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) Sowan Jawa Tengah (Jateng). Agus meluncurkan Program One Day One Page di Pondok Pesantren Wakaf Literasi Islam Indonesia (WALI) di Kabupaten Semarang. Program ini untuk meningkatkan minat baca para santri dalam mencari ilmu. “Penguasaan literasi adalah kunci bagi kemajuan bagi agama dan bangsa,” kata putra sulung Presiden Republik Indonesia 2004-2014 Susilo Bambang Yudhoyono, Rabu (11/4/2018).

Agus sangat tertarik dan mengapresiasi keberadaan pondok pesantren yang fokus dalam memberikan akses terhadap literasi baik yang bersifat keagamaan maupun umum. Dengan begitu, dia meyakini akan lahir santri-santri yang menyuarakan kebenaran dan keadilan.

Di Pondok Pesantren WALI, Agus menyaksikan praktik metodologi pengajaran bahasa Arab melalui tarian dan nyanyian. Upaya menerjemahkan kitab suci dan kitab-kitab lain dalam Bahasa Arab dipelajari dengan cara yang asyik dan menarik.

Dia berpendapat metode seperti ini di luar perkiraan dan sungguh luar biasa. “Saya berharap dari pondok ini lahir para pejuang literasi Islam yang dapat menerjemahkan berbagai khasanah keilmuan keislaman,” kata Agus.

Suami Annisa Pohan ini merasa senang ada pondok pesantren yang mengusung isu literasi. Dia berharap, para santri tidak hanya  membaca dan membedah kitab suci dan kitab lainnya melainkan juga berbagai buku lainnya yang bermanfaat.

Agus tambah bersemangat saat diminta meluncurkan program membaca buku di Pondok Pesantren WALI bertajuk One Day One Page. Ini berarti setiap santri harus selalu membaca buku paling tidak satu halaman setiap hari. “Program yang bagus agar kita punya wawasan yang lebih luas dan komprehensif,” kata Agus.

Lebih jauh, Agus meminta Pondok Pesantren WALI juga ikut berpartisipasi dalam gerakan melawan Hoax atau berita palsu. Dia menyebut, dulu kita mengenal peribahasa Mulutmu harimaumu. Tapi sekarang mulut sudah terepresentasi dengan jempol yang kita gunakan untuk mengetik dan membagikan berita di media sosial.

Pengasuh Pondok Pesantren WALI KH Anis Maftukhin mengapresiasi kehadiran AHY yang kebetulan memiliki ke tempat ketertarikan yang sama di bidang literasi. Dia yakin AHY sebagai tokoh muda memiliki potensi yang besar dalam mendorong kemajuan Indonesia. “Selain cerdas, saya yakin sosok AHY memiliki kadar nasionalisme dan religiusitas yang tak diragukan lagi,” kata Anis.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!