29.6 C
Jakarta

Akselerasi UMMAD dalam Publikasi Artikel Jurnal Ilmiah Bereputasi

Baca Juga:

 

 

 

MADIUN, MENARA62.COM – Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD) menyelenggarakan workshop publikasi artikel jurnal ilmiah bereputasi. Workshop diadakan di ruang sidang kampus 1 UMMAD dengan diikuti oleh seluruh dosen UMMAD, pada Senin (20/11). Prof. Dr. Achmad Nurmadi dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengisi workshop. Selama workshop, dosen juga didampingi oleh Dr. Fajar Junaedi dari UMY untuk melakukan penulisan artikel.

“Dalam menulis artikel di jurnal, kita bisa menulis artikel dengan  dalam bentuk review paper. Yang harus dilakukan adalah akses ke jurnal terindeks Scopus untuk mendapatkan artikel-artikel yang bereputasi. Artikel-artikel tersebut kemudian dianalisis melalui Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-analyses atau Prisma,” ujar Achmad Nurmandi.

Yang menarik dalam workshop adalah dosen yang mengikuti workshop diajak langsung melakukan analisis dengan menggunakan aplikasi VOSViewer. VOSviewer merupakan aplikasi yang berguna untuk membangun dan memvisualisasikan jaringan bibliometrik. Jaringan bibliometrik dapat dipakai memetakan jurnal, peneliti, atau publikasi individu. Dengan VOSviewer dapat dianalisis berdasarkan kutipan, visualisasi bibliografi, kutipan bersama, atau hubungan antar tulisan secara bersama-sama.

VOSviewer juga menawarkan fungsionalitas penambangan teks yang dapat digunakan untuk membangun dan memvisualisasikan jaringan atau alur pemetaan literasi dari berbagai sumber. “Pemanfaatan teknologi dalam penelitian dan publikasi merupakan hal yang penting bagi para dosen agar bisa menghasilkan publikasi berkualitas,” pungkas Achmad Nurmandi.

Diharapkan minimal ada dua publikasi dari setiap dosen UMMAD Madiun di setiap tahunnya. Selain itu, para dosen juga bisa membagi kompetensinya dalam publikasi kepada mahasiswa sehingga semakin mengakselerasi UMMAD Madiun. (*)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!