32.6 C
Jakarta

Dari Unismuh Makassar ke Senayan: Kisah Nusul Fikran Magang di DPR RI

Baca Juga:

MAKASSAR – Nusul Fikran, mahasiswa semester 8 Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, berhasil lolos seleksi ketat Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB). Ia terpilih sebagai Asisten Staf Ahli Anggota DPR RI di Badan Anggaran DPR RI.

Program MSIB ini diikuti oleh 32 ribu pendaftar, namun hanya 350 mahasiswa yang terpilih, termasuk Nusul. Program magang berlangsung selama lima bulan, dari Februari hingga akhir Juni, di Gedung DPR RI Senayan, Jakarta Pusat.

Kepada Kompas, Jumat (16/6/2024), Nusul mengungkapkan pengalaman berharganya selama magang. Ia berkesempatan menyaksikan langsung proses pengambilan keputusan di DPR RI, seperti Rapat Kerja, Rapat Dengar Pendapat Umum, dan Sidang Paripurna.

Tugas Nusul sebagai Asisten Staf Ahli Anggota DPR RI meliputi penyiapan catatan rapat, kajian rapat, laporan kunjungan kerja, resume rapat, serta analisis isu anggaran. “Peran saya menyiapkan kebutuhan tersebut untuk Tenaga Ahli yang selanjutnya akan diserahkan kepada pimpinan dan anggota DPR RI,” jelasnya.

Nusul berharap kontribusinya dapat membantu Tenaga Ahli, staf, pimpinan, dan anggota DPR RI dalam menyusun kebijakan berkualitas dan menjalankan fungsi legislasi dengan baik. Ia juga bertekad untuk terus meningkatkan potensinya dengan memahami isu-isu publik, memperkuat keterampilan komunikasi, dan memperdalam pemahamannya tentang hukum.

Pesan Nusul kepada mahasiswa lain adalah untuk tidak takut mencoba hal baru. “Kalau kalian ingin melakukan sesuatu, maka lakukanlah. Berhasil atau tidaknya itu urusan belakangan,” tutupnya.

(Laporan: Selfiana y.m. Nur, Mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam, Ma’had Al Birr, Fakultas Agama Islam, Unismuh Makassar)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!