23.9 C
Jakarta

Didik Siswa Kembangkan Jiwa Kewirausahaan, SD Muhammadiyah Palur Adakan Market Day

Baca Juga:

 

SUKOHARJO, MENARA62.COM – Market day merupakan salah satu model pembelajaran PjBL ( Projet Basic Learning) yang melibatkan siswa untuk belajar tentang pengetahuan, ketrampilan dan pemasaran produk yang dihasilkan kepada masyarakat yang dalam hal ini dilakukan oleh siswa-siswi SD Muhammadiyah Palur, Rabu (4/1/2023).

Diyan Nisanatul Anis selaku Wakil Kepala Bidang Kesiswaan menjelaskan, market day sendiri bertujuan untuk menumbuhkan dan menciptakan interaksi antar siswa dan tentu saja pengalaman belajar yang mereka dapatkan langsung dari lapangan.

Market day yang diikuti oleh setidaknya 500-an siswa dari kelas 1-5 berhasil menciptakan atmosfer yang menyenangkan sekaligus tantangan tersendiri bagi para siswa.

“Menyenangkan karena dagangan yang mereka sajikan habis ludes terjual, menjadi tantangan ketika dagangan mereka belum habis dan mereka berusaha mencari pelanggan agar tertarik membeli barang dagangan mereka,” jelasnya.

Terlihat wajah-wajah yang begitu antusias dan tidak sabar, terbukti barang dagangan yang tersaji hampir 2000 produk makanan dan minuman ludes terjual kurang dari 60 menit.

Fida siswa kelas 1 menceritakan pengalamannya mengikuti market day hari ini. Dia mengatakan bahwa sangat senang karena ini pengalaman perdana bertindak sebagai penjual dan barang dagangannya habis. “Senang sekali karena barang daganganku dibeli kakak kelas, dan dia bilang makanannya enak,”ucapnya. Lebih lanjut dia bercerita bahwa ingin acara market day ini lebih sering diadakan karena seru.

Pengunjung market day dimanjakan juga dengan adanya live musik dan cafetaria yang di disediakan. Cafetaria didesign khusus bertema tradisional dengan mengangkat berbagai jenis ragam batik nusantara menambah cantik dan ada khasanah tersendiri di dalamnya.

“Market Day tersebut diharapkan dapat menumbuhkan sikap kreatif, mandiri, serta jiwa entrepreneur pada siswa-siswi SD Muhammadiyah Palur sehingga ke depannya dapat menjadi manusia yang unggul, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab,” ungkap Supadi, S.Pd kepala SD Muhammadiyah Palur. (*)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!