30 C
Jakarta

Dosen FE UM Magelang Pertajam Ilmu Penelitian Kualitatif

Baca Juga:

MAGELANG, MENARA62.COM — Sebanyak 43 dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) dan perwakilan dari masing-masing fakultas di lingkungan Universitas Muhammadiyah (UM) Magelang mengikuti Workshop Metode Penelitian Kualitatif hari Sabtu (25/2/2017). Workshop ini dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman dan khazanah keilmuan dosen UM Magelang mengenai metodologi penelitian kualitatif.

Dijelaskan Dra Marlina Kurnia MM, Dekan FEB yang membuka serta mengikuti acara tersebut mengatakan, kegiatan itu dilakukan untuk merefresh dan menambah pemahaman tentang metodologi yang berbeda dari penelitian-penelitian yang telah sering dilakukan. “Luaran yang diharapkan dengan adanya workshop ini adalah semakin bervariasinya metodologi penelitian, sehingga banyak penelitian-penelitian kualitatif yang dihasilkan,“ kataMarlina yang merupakan alumni FE UM Magelang itu.

Sedang Anis Chariri SE MCom PhD, pakar penelitian kualitatif dari Universitas Diponegoro menyampaikan materi dengan tema Penelitian Kualitatif : Filosofi dan Metode. Doktor lulusan University of Wollongong Australia itu antara lain mengatakan, penelitian kualitatif merupakan penelitian yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. “Penelitian kualitatif menggunakan olah pikir dan olah rasa. Oleh sebab itu kita baru berhenti menulis bila sudah menemukan kebenaran karena penelitian kualitatif berlandaskan paradigma peneliti,” kata Anis.

Selain itu Anis juga mengatakan bahwa penelitian kualitatif jauh lebih subjektif dari pada penelitian atau survei kuantitatif. Sebab penelitian kualitatif menggunakan metode sangat berbeda dari mengumpulkan informasi, terutama individu, dalam menggunakan wawancara secara mendalam. “Metode penelitian kualitatif yang identik dengan tidak melibatkan angka maupun statistik, namun bukan berarti lebih mudah untuk dilakukan,” tandas Anis.

Sementara Siti Noor Khikmah, MSi, salah satu peserta workshop mengungkapkan kepuasannya mengikuti acara tersebut. Ia mengharapkan workshop ini dapat mendorong dirinya untuk melakukan penelitian dan terpublikasi di jurnal terindeks Scopus. “Workshop ini juga bermanfaat sebagai persiapan proposal disertasi studi S3,” tandas Khikmah.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!