28.5 C
Jakarta

Mancing Geden Tandai Rintisan Destinasi Wisata Embung Mororejo Sleman

Baca Juga:

SLEMAN, MENARA62.COM – Bangkitkan UMKM di Kelurahan Mororejo, Tempel, kabupaten Sleman, Yogyakarta digelar kegiatan Mancing Geden di Embung Mororejo. Kegiatan tersebut berlangsung selama 3 hari yakni 1-3 Januari 2022.

“Melalui kegiatan ini diharapkan perekonomian warga terutama pelaku UMKM yang terdampak pandemi Covid-19 dapat bangkit kembali,” kata Lurah Mororejo, Jaka Ristanta, Selasa (4/01/2022). Kegiatan yang diikuti oleh lebih dari 17 pelaku UMKM tersebut menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Embung Mororejo Tempel yang dibangun pada 2019, merupakan sebuah sarana irigasi yang dibangun untuk mengelola sumber daya air secara optimal diantara sebagai cadangan air di musim kemarau untuk tanaman palawija, holtikultura semusim, tanaman perkebunan. Selain itu embung ini juga berfungsi untuk mengatasi kekurangan air pada saat musim kemarau dan secara terpadu telah dimanfaatkan sebagai lokasi wisata.

Pelaku UMKM menyemarakkan kegiatan maning geden

Embung ini berlokasi disebelah dusun Pringapus dan berbatasan dengan Padukuhan Domban dan Padukuhan Pringapus. Memiliki landscape pemandangan yang indah menjadi satu potensi untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata oleh Kalurahan Mororejo.

Dengan letak yang strategis dengan akses jalan sekitar 10 menit dari perempatan Tempel Jalan Raya Magelang, para pengunjung juga disuguhi keindahan gunung Merapi dikejauhan serta suasana pedesaan. Suasana yang asri dengan kesejukan udara yang bisa mengobati rasa lelah dan sumpek apalagi dengan menikmati aneka kudapan dan jajanan yang berada di seputaran embung.

Di lokasi embung saat ini telah dibangun berbagai fasilitas pendukung seperti parkir luas, mushola serta sarana toilet, gazebo, lapak untuk UMKM dan penambahan fasilitas olahraga berupa jogging track yang ke depan embung akan dikelola oleh Bumdes Mororejo .

Wahyu Taufik, warga Pring Apus bersyukur kegiatan berlangsung sukses. “Alhamdulillah pengunjungnya ramai, tidak hanya warga Mororejo tetapi juga daerah sekitarnya. Semoga ke depan bisa terus berbenah dan berkembang jadi tujuan wisata,” katanya.

Kegiatan yang melibatkan 17 pelaku UMKM yang tergabung dalam Forkom UMKM Mororejo tersebut menyajikan aneka macam sajian, diantaranya UMKM Ranti dengan suguhan pizza zetta dan Krisna tape ketan. Kegiatan ini rencananya akan diagendakan secara rutin dengan tujuan memberdayakan ekonomi warga sekitar.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!