25.2 C
Jakarta

Giwo: Pastikan Layanan PAUD Penuhi Hak-Hak Anak

Baca Juga:

JAKARTA, MENARA62.COM – Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia (Kowani) Dr Ir Giwo Rubianto Wiyogo, M.Pd mengatakan layanan PAUD seyogyanya harus dapat memenuhi hak-hak anak khususnya hak memperoleh stimulasi pendidikan, hak bermain dan hak memperoleh perlindungan. Hak-hak tersebut harus terus diberikan kepada anak meski saat ini kita berada dalam masa keprihatinan dengan adanya pandemi Covid-19.

“Pendidikan tetap harus berjalan agar anak-anak tersebut terpenuhi kebutuhan stimulasi pendidikannya,” kata Giwo saat memberikan sambutan pada peringatan Hari Anak Nasional tahun 2020 yang digelar secara virtual, Selasa (4/8/2020). Mengambil tema Anak Terlindungi Indonesia Maju tersebut menampilkan sejumlah pembicara seperti Menko PMK Muhadjir Effendy, Dirjen PAUD dan Dikdasmen Kemendikbud Jumeri dan Rektor Universitas Yarsi Prof dr Fasli Djalal.

Giwo mengatakan Kowani terus berkomitmen memberi dukungan terhadap upaya-upaya pendidikan yang dilakukan oleh pemerintah. Terutama pendidikan pada anak usia dini.

Dalam melaksanakan dharmanya, lanjut Giwo, Kowani mengemban peran Ibu Bangsa yang merupakan pendidik/guru pertama dan utama dalam keluarga dan masyarakat dan itu termasuk pelayanan pendidikan anak usia dini yang merupakan awal mula dari masa Emas seorang anak.

Layanan pendidikan anak usia dini merupakan bagian dari pencapaian tujuan pendidikan dan kebudayaan, sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 18 Tahun 2018 tentang penyediaan layanan PAUD yang diarahkan sebagai bagian dalam meningkatkan ekosistem pendidikan yang membangun lingkungan belajar nyaman, aman dan menyenangkan untuk anak belajar.

“Dengan jumlah anggota sebanyak hampir 1/3 dari keseluruhan penduduk Indonesia, tentu Kowani dapat menggerakkan masyarakat, menjadi corong serta pendidik utama dan pertama didalam keluarga, masyarakat, dan bangsa Indonesia,” jelas Giwo.

Dalam peringatan Hari Anak Nasional 2020, Kowani mengapresiasi perlindungan anak dengan cara meningkatkan kualitas guru-guru PAUD yang berada dibawah binaan organisasi anggota Kowani dengan mengadakan Pelatihan “Penguatan Pembelajaran di Satuan PAUD Selama Belajar Dirumah Tahun 2020”. Kegiatan ini diselenggarakan pada bulan Agustus melalui pelatihan daring.  Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi sarana dalam memfasilitasi para peserta termasuk para Guru PAUD untuk memperdalam keahlian mengajar anak-anak usia dini dalam kondisi pandemi Covid-19 dan Masa Adaptasi Kebiasaan Baru.

Zoominar nasional Hari Anak Nasional 2020 tersebut diikuti hampir 1.000 peserta yang merupakan anggota dari berbagai organisasi perempuan dibawah Federasi Kowani, termasuk 100 orang peserta pelatihan yaitu para Guru PAUD yang diwajibkan  untuk mengikuti pelatihan dari pembukaan sampai dengan penutupan.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!