27.3 C
Jakarta

Grand Opening Gema Kampus Ramadhan UMS 1444 H, Mahasiswa FEB Dapat Sepeda

Baca Juga:

 

SOLO, MENARA62.COM – Dalam menyambut bulan Suci Ramadhan 1444 H, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) kembali mengadakan serangkaian acara yang dikemas dalam “Gema Kampus Ramadhan” (GKR ) yang dibuka secara langsung oleh Rektor UMS, Prof., Dr., Sofyan Anif M.Si., Rabu (22/3) di Masjid Hj., Sudalmiyah Rais.

Dalam kesempatan itu rektor mengajak jamaah untuk menyambut Ramadhan dengan suka cita dan penuh semangat. GKR disebutkan sebagai tanda awal puasa, yang dijalankan mulai Kamis (23/3) sebagaimana warga Muhammadiyah menjalankan.

“Pada hari ini saya memberikan tema, puasa dan membangun karakter generasi muda. Puasa itu bukan hanya sekedar puasa tetapi proses puasanya itu menjadikan orang lebih sabar, mampu menahan marah, punya empati kepada orang lain, suka bederma, menyantuni anak yatim dan seterusnya. Itu merupakan hasil proses puasa itu,” ujar Sofyan.

Taqwa itu dalam bentuk fermentasi perilaku atau etitude, kalau iman itu orang mengatakan masih sebatas keyakinan, maka jika iman sudah mencapai pada amal sholeh itu namanya taqwa. “Maka saya mencoba menjelaskan kepada mahasiswa yang merupakan generasi muda untuk menrefresh tentang Islam,” jelas Sofyan.

Untuk menrefresh tentang Islam, Rektor UMS  juga membuat sebuah kuis yaitu menyebutkan ayat yang turun pada bulan suci Ramadhan, dan mahasiswa yang dapat menjawab mendapatkan hadiah sepeda dari Rektor UMS.

Raditya Raka sebagai mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis dapat menjawab kuis tersebut dengan tepat dan dapat membacakan ayat yang diminta sehingga dia bisa mendapatkan hadiah dari Rektor UMS berupa sepeda.

Dr., Muchamad Ikhsan, S.H., M.H., sebagai Ketua Ta’mir UMS menjelaskan agenda ini merupakan pembuka dari serangkaian acara Gema Kampus Ramadhan tahun 1444 H/ 2023 M di UMS. Kegiatan yang akan dilakukan di antaranya: Grand Opening, Kajian Kurma, Mentari Kampus, Kajian An Nisa, Mabit SMA se Solo Raya, Pasar Rakyat, Kultum Ba’da Isya dan Sholat Tarawih Berjamaah, Tabligh Akbar, I’tikaf dan Sholat Idul Fitri yang rencananya dilaksanakan di halaman Edutorium KH Ahmad Dahlan, UMS.
(Alwy)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!