31.6 C
Jakarta

Gunawan, Ingin Jadikan UMY Unggul di bidang Iptek berlandaskan nilai Islam

Baca Juga:

YOGYAKARTA, MENARA62.COM Dr Ir Gunawan, Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) periode 2016-2020 ini, ingin segera melakukan percepatan terhadap pencapaian visi UMY, menjadi universitas yang unggul di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, dengan berlandaskan nilai-nilai Islam demi kemaslahatan umat.

“Saya ingin mempercepat agar UMY bisa didiskripsikan sebagai unggul dan Islami, melalui proses aktivitas perkuliahan, manajerial, untuk mewujudkan lulusan yang betul-betul ada keseimbangan antara ilmu pengetahuan, teknologi, dan Islam,” kata Gunawan di Yogyakarta, Jumat (6/1/2017)

Dosen Prodi Agroteknologi Fakultas Pertanian ini, lahir di Yogyakarta pada 20 November 1960. Pada tahun 1985, Dr Ir Gunawan Budiyanto, MP, telah menyelesaikan studi S1 di Universitas Gadjah Mada, tahun 1997 menyelesaikan studi master di UGM. Sedangkan program doktor telah diselesaikan di Universitas Padjajaran pada tahun 2010.

Bagi Gunawan, pendidikan harus mencetak tiga hal. Pertama, pewarisan dan penguasaan ilmu. Kedua, penguasaan skill atau keahlian. Dan yang ketiga, menciptakan perilaku. “Jika perilakunya ini betul-betul perilaku Islam, ya kita harus mau melakukan kombinasi proses pengajaran yang menginteraksikan antara ilmu pengetahuan, teknologi dan nilai-nilai ke-Islaman,” tandas Gunawan.

Menurut Gunawan, memimpin itu adalah memimpin proses kerjasama dari semua pihak. “Jadi, UMY maju ini bukan hanya rektor saja, tapi adalah kerja sama dari seluruh orang-orang yang memiliki potensi yang berbeda-beda menjadi sebuah kekuatan team work, team kerja untuk memajukan UMY,” ujarnya.

Ke depan, Gunawan akan segera melakukan akselerasi untuk melakukan peningkatan kualitas akademik dosen. Selain itu, kembali mengokohkan posisi UMY ini pada kancah-kancah aktivitas di tingkat internasional. (Affan Safani Adham)

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!