29.9 C
Jakarta

IPM dan IPNU Kecamatan Srumbung Magelang Gelar Peringatan HSN 2022

Baca Juga:

MAGELANG, MENARA62.COM – Badan Koordinasi (Badko) TPQ Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang Jwa Tengah, menyelenggarakan Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2022 dengan tema “Berdaya menjaga martabat kemanusiaan” pada Ahad (16/10/2022). Kegiatan peringatan HSN 2022 tersebut dilaksanakan dengan mengadakan pentas seni dan lomba antar TPQ se-Kecamatan Srumbung.

Kegiatan ini diikuti oleh 39 TPQ dari jumlah keseluruhan 91 TPQ bertempat di Balai Desa Kradenan Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang.

Camat Srumbung Budi Riyanto, S. Sos yang diwakili oleh Dedi Kurniawan, Kasi Pemberdayaan Masyarakat dalam sambutannya menyampaikan bahwa dengan Peringatan Hari Santri, akan menumbuhkan semangat cinta al Qur’an dan akan membentuk generasi Qur’ani yang akan meningkatkan martabat kemanusiaan.

Kepanitian kegiatan HSN tahun 2022 di Kecamatan Srumbung dibawah naungan Badko TPQ Kecamatan Srumbung, dilaksanakan bersama-sama oleh Pemuda Muhammadiyah, Ansor, Nasyiatul Aisyiyah , Fatayat,  IPM, IPNU serta Kokam dan Banser dari Cabang Muhammadiyah Srumbung dan Majlis Wali Cabang Nahdlatul Ulama Srumbung dengan Ketua R. Arri Widyanto, S. Kom., M. T. yang merupakan dosen Program Studi Teknologi Informasi Universitas Muhammadiyah Magelang.

Peringatan Hari Santri tahun 2022 di Kecamatan Srumbung  disemarakkan  dengan pentas seni yang dilaksanakan dengan menampilkan berbagai hafalan surat-surat pendek, Murojaah, tari tradisional dan kreasi baru, hadroh, baca puisi dan seni beladiri pencak silat dan taekwondo.  Pentas seni ini diikuti oleh 22 TPQ yang tersebar di wilayah Kecamatan Srumbung.

Mata lomba yang dipertandingkan dikelompokkan menjadi 2 yaitu : Kelompok TK – Kelas 3 SD dan Kelompok Kelas 4 – Kelas 6 SD. Lomba untuk kelompok TK Terdiri dari hafalan doa harian, hafalan surat pendek, hafalan hadits pendek dan mewarnai gambar. Sedangkan lomba untuk kelas 4 sampai kelas 6 dilaksanakan secara outbound dengan berjalan dari Pos 1 sampai dengan pos 6 dengan jarak tempuh ± 2 km. Masing-masing pos disiapkan mata lomba sebagai berikut : wudhu, hafalan surat pendek, hafalan hadist pendek, hafalan do’a harian, adzan   dan ujian tertulis tentang fikih dasar.

Hasil lomba secara lengkap adalah sebagai berikut :

Kategori TK- Kelas 3 SD

  1. Lomba hafalan doa harian

Juara 1 : TPQ Al Muttaqin Cungkup

Juara 2 :TPQ Al Mukminin Tempuran

Juara 3 : TPQ Muroatul Islam Goyudan

  1. Lomba hafalan surat pendek

Juara 1 : TPQ Al Huda Jelehan

Juara 2 :TPQ Al Muttaqien Turen

Juara 3 : TPQ Roudhatul Falah

  1. Lomba hafalan hadits pendek

Juara 1 : TPQ Al Huda Jelehan

Juara 2 :TPQ Al Muroatul Islam Goyudan

Juara 3 : TPQ Misbahudlolam Ngargosoko

  1. Lomba mewarnai

Juara 1 : TPQ Nurul Anwar Kedawung

Juara 2 :TPQ Al Muttaqien Turen

Juara 3 : TPQ Al Iman Pelas

Kategori Kelas 4 – 6 SD

  1. Lomba hafalan doa harian

Juara 1 : TPQ As Salam Mranggen

Juara 2 : TPQ Muroatul Islam Goyudan

Juara 3 : TPQ Al Musyahidin Kradenan

  1. Lomba hafalan surat pendek

Juara 1 : TPQ Muroatul Islam Goyudan

Juara 2 : TPQ Al Huda Trolikan

Juara 3 : TPQ Hidayatul Mubtadin Ganden

  1. Lomba hafalan hadits pendek

Juara 1 : TPQ Al Huda Jelehan

Juara 2 :TPQ As Salam Mranggen

Juara 3 : TPQ An Nur Logandeng

  1. Lomba wudhu

Juara 1 : TPQ Al Ihsan Tegalrejo

Juara 2 :TPQ Al Muttaqin Pondok

Juara 3 : TPQ Al Muttaqin Cungkup

  1. Lomba adzan

Juara 1 : TPQ Al Ihsan Tegalrejo

Juara 2 :TPQ Hidayatul Mubtadiin Kamongan

Juara 3 : TPQ As Salam Mranggen

  1. Lomba Tertulis(Fikih dasar)

Juara 1 : TPQ Muroatul Islam Goyudan

Juara 2 :TPQ Al Hidayatul Mubtadiin Kamongan

Juara 3 : TPQ An Nur Logandeng

Juara Umum : TPQ Al Huda Jelehan dengan menyabet 3 Piala Juara 1.

Ketua Badko Kecamatan Srumbung Kyai Adib Mustofa menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh panitia yang terlibat dari unsur Muhammadiyah dan Nahdhatul ulama. “Semoga kegiatan Hari Santri tahun depan bisa melibatkan lebih banyak organisasi masyarakat sehingga lebih mempererat silaturahmi antara Muhammadiyah dan Nahdlotul Ulama,” paparnya pada penutupan acara.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!