32.6 C
Jakarta

ITS PKU Muhammadiyah Surakarta Adakan PKM di TK Islam Bakti

Baca Juga:

 

BOYOLALI, MENARA62.COM – ITS PKU Muhammadiyah Surakarta mengadakan  Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) sebagai Pengabdian Masyarakat di TK Islam Bakti Sawahan, yang beralamat di Sawahan, RT01/RW01, Ngemplak, Boyolali pada Rabu, 6 Juni 2024. Pengabdian masyarakat dalam rangka kegiatan PKM mengambil tema “Stop Kekerasan Pada Anak” dengan narasumber Wijayanti, S.Kep., Ns., M.Kep., juga selaku dosen pendamping. Kegiatan PKM diikuti 75 peserta yang terdiri dari siswa, orang tua siswa dan guru serta mahasiswa.

Pengabdian masyarakat ini bagian dari Tri Dharma Perguruan tinggi yang di lakukan oleh TIM dengan dosen pembimbing Wijayanti, S.Kep., Ns,,M.Kep.,

Disampaikan oleh Wijayanti bahwa Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menyatakan pada tahun 2020 lalu, sudah ada 3.087 kasus kekerasan pada anak dengan kasus tertinggi mengenai keluarga dan pengasuhan. Terkait dengan data yang didapatkan tersebut maka di sini terbukti bahwa masih banyak anak yang mengalami tindak kekerasan, dan tindakan itu kebanyakan dilakukan oleh keluarga, terlebih orang tuanya sendiri. (KPAI,2020).

“Kami juga melakukan observasi yang telah dilakukan oleh tim di TK Islam Bakti Sawahan terkait kekerasan pada anak. Didapatkan 4 dari 33 anak mengalami kekerasan. Oleh karena itu penulis menyadari bahwa memberikan pengetahuan kepada anak dan orang tua, akan mengurangi kasus kekerasan pada anak. Upaya pencegahan lebih di utamakan sebagai bagian dari kegiatan ini melalui strategi edukasi inovatif tree of life,” kata Wijayanti.

Tujuan dilakukan kegiatan ini untuk memberikan edukasi kekerasan pada anak melalui metode Tree of life dengan tolak ukur capaian Aircraft Quiz agar masa depan anak bahagia dan dapat berkembang optimal. Edukasi ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang bagaimana bentuk-bentuk kekerasan, serta dampak dari kekerasan.

Wijayanti mengungkapkan harapannya ke depan dapat memberikan manfaat pengetahuan anak tentang kekerasan, dampak kekerasan pada anak, orang tua dapat mengetahui dan mencegah bagaimana kekerasan pada anak serta anak dapat mempraktikan Tree Of Life dalam kehidupannya.

 

Dalam sambutannya kepala sekolah TK Islam Bakti Sawahan mengucapkan terima kasih atas kegiatan edukasi ini. “Kami sangat berterima kasih kepada ITS PKU atas kegiatan edukasi ini. Kegiatan seperti ini berupa edukasi tentang perilaku kekerasan pada anakdilaksanakan dengan metode yang bagus dan menarik, seperti yang dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa ITS PKU belum pernah dilakukan sebelumnya. Kegiatan ini sangat bagus, menarik dan bermanfaat untuk anak dan wali murid TK. Semoga ke depannya hal-hal seperti ini dilakukan secara kontinyu dan harapan kami acara berlangsung dan memberi manfaat untuk anak, orang tuadan sekolah tentang perilaku kekerasan pada anak,” ucapnya. (*)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!