26.1 C
Jakarta

Jelang Vaksinasi Covid-19, Ini Beberapa Istilah Seputar Vaksinasi yang Perlu Dipahami

Baca Juga:

JAKARTA, MENARA62.COM – Pemerintah berencana menggelar vaksinasi Covid-19 secara massal pada pekan ketiga bulan Desember 2020. Vaksin yang akan digunakan adalah vaksin merah putih karya anak bangsa.

Tetapi untuk mencukupi kebutuhan 320 juta dosis vaksin bagi 160 juta penduduk yang menjadi sasaran vaksinasi, pemerintah menggandeng produsen vaksin asal luar negeri.

Sembari menunggu kehadiran vaksin Covid-19, maka penting untuk terus melakukan protokol kesehatan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Dan yang tak kalah penting, memperkuat imunitas tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit.

Dikutip dari Instagram @kemenkes_ri, ada 4 istilah yang harus dipahami seputar vaksinasi.

Pertama, vaksin. Vaksin adalah produk biologi yang berisi antigen, jika diberikan kepada manusia maka akan memberikan kekebalan spesifik secara aktif terhadap penyakit tertentu.

Kedua, vaksinasi. Jika vaksin adalah cairannya, maka vaksinasi adalah tindakan untuk memasukan vaksin ke dalam tubuh. Biasanya dimasukan dengan cara suntik, namun bisa juga melalui mulut. Vaksinasi dilakukan untuk memberikan kekebalan pada penyakit tertentu. Vaksin ini yang akan memulai proses imunisasi.

Ketiga, imunisasi. Setelah vaksin dimasukan ke dalam tubuh, maka akan terjadi proses di dalam tubuh yang akan membuat seseorang dapat terlindung dari penyakit tertentu.

Terakhir, imunitas. Imunitas adalah kondisi tubuh yang menjadi kebal, maupun terlindungi dari suatu penyakit tertentu karena sistem kekebalan dalam tubuh telah membentuk antibodi terhadap penyakit tersebut, sehingga pada akhirnya tubuh akan terlindungi.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!