27.3 C
Jakarta

Keluarga Besar SMP Muhammadiyah 1 Tempel Sleman Gelar Syawalan

Baca Juga:

SLEMAN, MENARA62.COM – Hari pertama masuk sekolah setelah Hari Raya Idulfitri 1443 H, Senin 9 Mei 2022, keluarga besar SMP Muhammadiyah 1 Tempel Sleman Yogyakarta, gelar Syawalan. Acara diawali sholat dhuha, ikrar syawalan, tahsinul Quran dan pengajian syawalan serta ditutup dengan berjabat tangan.

Dalam sambutannya kepala sekolah SMP Muhammadiyah 1 Tempel, Wahdan Arifudin, S.Pd menyampaikan bahwa kegiatan syawalan ini sebagai bentuk rasa syukur sekaligus sebagai upaya evaluasi setelah ibadah di bulan suci Ramadhan. “Bulan Ramadhan adalah bulan pendidikan dan latihan untuk beribadah kepada Allah dan tiba dibulan Syawal untuk peningkatan ibadah dan bukan malah terbebas dari beban ibadah,” tuturnya.

Upaya yang perlu dilakukan tentu bertahap, misal terkait sholat 5 waktu untuk diupayakan tepat waktu dan di masjid.

Sementara itu ikrar syawalan disampaikan oleh Ayu Tantri Purwandari, S.Pd dan diikuti bersama segenap siswa, guru dan karyawan. Selain itu Ustadz Wahyu Rahmadi, S.Ag sesuai makhorijul huruf.

Pengajian inti disampaikan Ustadz Ari Wibowo, S.Ag dari SMK Muhammadiyah 2 Tempel dengan mengambil materi tiga amalan yang disukai Allah Swt yakni Assholatu ‘ala waqtiha (sholat tepat pada waktunya). “Inilah amalan yang dicintai Allah. Shalat ini adalah amalan dan yang dihisab oleh Allah pertama kali,” jelasnya.

Kedua, birrul walidain (berbakti kepada orang tua) yakni tunduk patuh kepada kedua orang tua. Itu adalah bagian dari amalan yang dicintai Allah dan berbahagialah yang masih mempunyai kedua orang tua. “Itu adalah surga bagi kita betapa perjuangan orang tua untuk membesarkan kita semua,” lanjutnya.

Ketiga adalah jihad fi sabilillah (berjuang di jalan Allah). Jihad di jalan Allah ta’ala yang menurut ulama, jihad itu bisa diartikan bersungguh-sungguh membela agama Allah. “Di zaman Rasulullah, jihad di jalan Allah ta’ala itu membela agama islam, agama kita saat ini seperti membangun masjid  dan berangkat mencari ilmu itu juga bentuk fii sabillah,” tegasnya.

Acara ditutup dengan jabat tangan segenap siswa, guru dan karyawan.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!