27.4 C
Jakarta

Kembangkan Program Pertanian Terpadu dan Kota Cerdas Pangan, PAMOR Solo Adakan Sosialisasi

Baca Juga:

 

SOLO, MENARA62.COM – Dalam rangka mengembangkan program pertanian terpadu dan kota cerdas pangan untuk membangun sistem produksi yang berkelanjutan, Penjaminan Mutu Organis (PAMOR) Solo melakukan sosialisasi di Aula Lantai 2 Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surakarta, Jl. Jagalan No 26, Jagalan, Kecamatan Jebres, Senin (27/6/2022).

Kegiatan yang berlangsung sehari penuh sejak pukul 08.30 WIB hingga 16.15 WIB juga dilakukan penandatangan pendirian unit PAMOR Surakarta.

Dalam paparannya, Direktur Program Gita Pertiwi Titik Eka Sasanti menyampaikan sebagai tindak lanjut kegiatan sosialisasi PAMOR, langkah selanjutnya adalah pendirian unit PAMOR di Surakarta.

“Pendirian ini dihadiri oleh para inisiator yang berkomitmen mendirikan Unit Pamor,” ujar Titik.

PAMOR, lanjut dia, menjadi salah satu penjaminan berbasis komunitas yang dipilih. Pamor merupakan sistem penjaminan kualitas yang memberikan pengesahan keorganisasian berdasarkan partisipatif aktif dari pemangku kepentingan dan dibangun atas dasar kepercayaan, jejaring sosial, dan pertukaran penegtahuan.

“PAMOR membangun kepercayaan, transparasi, karakter dan berbagai kebiasaan organis dengan saling berbagi pengetahuan,” jelas Titik.

Menurutnya, untuk menjamin kualitas pangan yang diproduksi dan melindungi konsumen, maka standarisasi dan sertifikasi produk perlu dilakukan.

“Karena produsen yang difasilitasi petani kecil dan UMKM dan konsumen diharapkan semua lapisan masyarakat, maka perlu dikembangkan sistem penjaminan yang terjangkau bagi para pihak,” ajaknya.

Sementara itu, Jatmiko inisiator dari Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas Kantin Sehat SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta sangat mengapresiasi kerja sama yang sudah berjalan selama ini, antara sekolah dengan Gita Pertiwi.

“ Kerja sama selama ini sangat membantu dalam mendorong peningkatan kualitas SDM pengelola kantin sehat ramah anak, sehingga menjadikan kantin sehat ramah anak semakin baik dan maju serta diminati warga sekolah, derajat kesehatan meningkat, PHBS terbangun,” ungkapnya.

Karena itu, Kantin Sehat Ramah Anak yang berlokasi barat Pura Mangkunegaran berhasil meraih piagam ‘Bintang Satu Keamanan Pangan Kantin Sekolah’ dari Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI, dan penghargaan kategori kantin terbaik kedua dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes) dan pengendalian Covid-19 dari Kementerian Kesehatan, memiliki sertifikasi Laik Hygiene Sanitasi dan Jasa Boga dari Dinas Kesehatan Kota Surakarta tertanda tangan dr Siti Wahyuningsih, MKes MH dan penanggung jawab kantin sehat terima sertifikat kompetensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Sertifikasi Klaster Pengelolaan Higiene Sanitasi Makanan. (*)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!