26.8 C
Jakarta

Keren, 3 Mahasiswa FKI UMS Magang di NAIST Jepang

Baca Juga:

 

SOLO, MENARA62.COM – Tiga mahasiswa UMS, Indira Febriyanti, Fadlih Hasan Setiawan dan Adam Saphiro Dewayanto yang kini sedang berada di Jepang, Kamis (28/7/2022) sedikit terobati rasa kangennya pada kampusnya di tanah air. Suasana ceria itu tampak pada wajah ke tiga mahasiswa itu, saat mereka melakukan koordinasi luaran magang secara online dengan para dosennya dari UMS. Hadir dalam tatap muka jarak jauh itu, Wakil Rektor Bidang (WR) I UMS, Prof Dr Harun Joko Prayitno, WR 3, Ihwan Susila P.hD., dan Dedi Gunawan, P.hD, serta pembimbing mahasiswa, Dr.Eng, Yusuf Sulistyo Nugroho.

Mahasiswa Prodi Informatika (FKI) UMS itu memang tengah menjalani program Undergraduate Internship Student di Lab Software Engineering di Universitas Nara Institute of Science and Technology (NAIST) yang berlokasi di Nara, Jepang. ‘’Ketiganya magang selama satu semester di NAIST, Jepang,’’ jelas Dr.Eng, Yusuf Sulistyo Nugroho, S.T., M.Eng, Kamis (28/7).

Ketiga mahasiswa itu bercerita tentang suasana magang di Jepang. ‘’Kegiatan yang kami lakukan full penelitian di bidang Software Engineering. Mulai data analysis, lalu data Mining dari Statistic sampai dengan Machine Learning,’’ jelas Indira Febriyanti, yang diamini ke dua rekannya, Fadlih dan Adam.

Dia mengaku sangat senang bisa belajar ke Jepang. Para dosen pembimbing di Jepang, lanjut Indira, dikenal ramah-ramah tapi sangat disiplin. Peserta magang banyak diberikan pengarahan, bimbingan dan pelatihan yang dapat dilakukan secara otodidak dalam menyelesaikan tugas setiap harinya dan dipandu langsung oleh Professor Dr., Raula Gaikovina Kula, yang biasa dipanggil Raula Sensei. “Penanggung jawab kami di sini adalah professor Matsumoto Kenichi sebagai kepala Professor Lab Software Engineering“.

Disebutkan pula, di lab terdapat Associate Professor, Affiliate Associate Professor, 3 Assistant professor , mahasiswa S2 dan S3 dari berbagai negara, selain Indonesia juga Papua New Guinea, Thailand, China, Armenia, Pakistan, dan tentunya tuan rumah Jepang. “Kami juga rutin melaporkan agenda kegiatan ke dosen pembimbing kami di UMS, Bapak Dr. Eng. Yusuf Sulistyo Nugroho, S.T., M.Eng,” jelas Adam.

Selain agenda penelitian, peserta magang di NAIST itu juga diberikan kesempatan mengikuti kegiatan lab meeting dan kelas bahasa Jepang. Agenda lab meeting secara rutin dilakukan setiap hari Rabu pada pagi hari sekitar jam 10 dan sore hari sekitar jam 3 waktu JST (Japan Standard Time) dan diikuti oleh semua professor lab dan semua mahasidwa lab Software Engineering.

‘’Terkadang kami mengikuti agenda pelatihan persentasi dan defense mahasiswa di hari-hari tertentu. Kami belajar banyak hal dari agenda lab meeting, mulai dari cara presentasi penelitian yang benar, merasakan secara langsung proses penilaian topik presentasi, hingga hal-hal yang perlu disampaikan dalam presentasi, tentu kami juga dapat mengetahui dan menambah ilmu tentang informasi-informasi dari topik presentasi yang disampaikan.’’ (Fika)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!