30.2 C
Jakarta

Keren! Mahasiswa Geografi UMS Torehkan Prestasi Nasional di Kompetisi Essay Ekonomi Kreatif

Baca Juga:

 

SOLO, MENARA62.COM – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) semakin mengukuhkan predikatnya sebagai perguruan tinggi yang Unggul dan Mendunia di bidang prestasi mahasiswanya. Hal tersebut dibuktikan dari semakin bertambahnya prestasi akademik maupun nonakademik mahasiswa UMS.

Perolehan prestasi kembali ditorehkan di bidang kompetisi Essay Ekonomi Kreatif melalui Tim Mahasiswa Program Studi Geografi Fakultas Geografi UMS yang meraih Bronze Medal di ajang National Education yang bertajuk “Muda Berkarya, Muda Mendunia.” Diselenggarakan oleh Indonesian Education Incubator dengan bertempat di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta. Senin-Selasa, 13-14 Mei 2024.

Tim yang terdiri dari dua mahasiswa Prodi Geografi UMS tersebut menyisihkan 1.600 pendaftar dari 67 Universitas di Indonesia. Mahasiswa Prodi Geografi UMS yang dimaksud yaitu Inka Pratiwi dan Hian Risnandar.

Inka menuturkan, essay yang dibuat bersama partnernya merupakan inovasi kulit singkong sebagai limbah eliminator untuk cadangan listrik rumah tangga dalam pencegahan global warming.

“Di dalamnya kami membahas tentang penanganan global warming dengan penjualan aki dari energi yang terbarukan,” ungkap Inka, Selasa (14/5/2024).

Dua mahasiswa angkatan 2023 itu tertarik mengangkat topik tersebut karena kondisi lingkungan sekarang yang terus menyebabkan masalah global warming bagi masa depan.

“Maka dari itu, inovasi ini menjadi salah satu hal mencegah hal itu terjadi dengan mengantikannya menggunakan bahan bakar yang terbarukan,” lanjutnya.

Hasil dari essay yang mereka tuliskan berupa energi aki yang berasal dari energi terbarukan sebagai pengganti bahan bakar fosil yang menyebabkan global warming.

“Menariknya karena ini merupakan penjualan dari bahan aki yang berasal dari energi terbarukan dan pengaplikasian yang sangat mudah serta dilakukan dalam skala rumah tangga,” ungkapnya.

Inka merasa senang dan bangga karena raihan prestasinya dapat semakin melambungkan nama baik UMS serta menuturkan bahwa UMS sangat mendukung serta mensupport, terutama Fakultas Geografi, ketika mengikuti kompetisi tersebut.

Kabag Penalaran, Kreativitas dan Soft Skill Biro Kemahasiswaan UMS, Muhammad Al Fatih Hendrawan, S.T., M.T., menyambut gembira atas torehan prestasi tingkat nasional mahasiswa UMS dari berbagai prodi, meliputi Teknik Kimia, Pendidikan Akuntansi, Pendidikan Bahasa Inggris termasuk Prodi Geografi.

Fatih menuturkan bahwa prestasi itu akan membantu ketercapaian UMS untuk memenuhi target prestasi nasional yang dicanangkan.

“Di mana di tahun ini target prestasi nasional sejumlah 340 prestasi, baik prestasi akademik maupun nonakademik,” pungkasnya. (*)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!