26.4 C
Jakarta

Literasi Penting Untuk Jaga Kelestarian Bahasa Indonesia

Baca Juga:

PURWOKERTO, MENARA62.COM — Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  (PBSI)  Drs Eko Suroso MPd Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) mengungkapkan, literasi menjadi hal penting dalam upaya menjaga kelestarian bahasa Indonesia. Oleh karena itu,  mahasiswa harus memiliki semangat dalam dunia literasi.

“Mahasiswa, pada khususnya PBSI harus rajin menulis, tentunya dengan diawali membaca,” kata Eko dalam kegiatan Gerakan Cinta Bahasa dan Sastra Indonesia (GCBSI) di Purwokerto, Sabtu (28/10/2017).

“Dengan agenda seperti ini, mahasiswa memahami bagaimana mempergunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar,” ujarnya.

Kegiatan Himpunan Mahasiswa PBSI UMP ini, digelar dalam rangka  peringatan Hari Sumpah Pemuda. Selain Eko, kegiatan ini juga menghadirkan Heru Setiawan, alumni PBSI UMP yang juga ketua Forum Taman Baca Masyarakat Kabupaten Banyumas, sebagai pembicara.

Wakil Dekan III Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UMP  Dra Eko Sri Israhayu, mengatakan, peristiwa Sumpah Pemuda merupakan sebuah komitmen generasi muda saat itu kepada bangsanya. Oleh karena itu, ia berpesan agar generasi muda Indonesia untuk selalu mencintai bangsanya. “Jadilah generasi yang mempunyai perasaan mencintai bangsa Indonesia,” ungkapnya

Sementara itu, Jafar Sodik, ketua panitia kegiatan mengatakan, Bulan Bahasa merupakan agenda tahunan HMPS PBSI UMP dalam rangka memeringati Sumpah Pemuda. “Ini merupakan Bulan Bahasa tahun keempat penyelenggaraan yang telah dilaksanakan oleh HMPS PBSI,” ungkap mahasiswa semester lima ini.

Lebih lanjut, Jafar menambahkan, dalam semarak Bulan Bahasa 2017 terdapat berbagai kegiatan lain seperti, Olimpiade Bahasa tingkat SMA/SMK/MA se Jawa Tengah dan Seminar Nasional. “GCBSI ini menjadi pembuka dari serangkaian agenda semarak Bulan Bahasa 2017,” ujarnya.

Penulis: Tegar Roli

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!