23.9 C
Jakarta

Mantap! 10 Hari Dibuka, Pendaftar PMB UMS Capai 438 Orang

Baca Juga:

 

SOLO, MENARA62.COM – Setelah soft launching pada Sabtu lalu, jumlah pendaftar calon mahasiswa baru 2023/2024 di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) saat ini telah mencapai 438 orang, Kamis (10/11). Tingginya animo calon mahasiswa baru itu, menjadi bukti UMS sangat dipercaya masyarakat.
“Syukur Alhamdulillah, UMS masih sangat dipercaya masyarakat,” papar Ketua PMB UMS Dr., Triyono, MS.i., Kamis (10/11).

Peningkatan jumlah pendaftar berlangsung cepat, terlihat dari perbedaan data jumlah pendaftar pada saat dilakukannya soft launching, yang semula 267 pendaftar, kini meningkat hampir dua kali lipatnya.

Selaku Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) dia mengatakan bahwa jumlah yang sudah siap divalidasi lewat jalur rapor sebanyak 83 orang dan nantinya akan divalidasi setiap hari Sabtu.

Setelah tahap validasi, lanjut dia, calon mahasiswa baru akan diputuskan lolos atau tidaknya berdasarkan berkas-berkas yang telah dilampirkan saat melakukan pendaftaran.

“Untuk saat ini yang siap untuk divalidasi ada 83 orang, itu baru divalidasi. Besok Sabtu akan ada pengumuman lolos atau tidak,” kata Triyono.

Menurutnya, perbedaan dengan jalur rapot, sistem Computer Based Test (CBT) tidak perlu menunggu proses validasi, karena calon mahasiswa dapat langsung mengetahui kelolosannya setelah mengerjakan CBT.

Disebutkan, program Studi Kedokteran UMS masih menjadi prodi favorit bagi calon mahasiswa. Untuk mendaftar di Prodi Kedokteran UMS dapat melalui jalur CBT, beasiswa, ataupun melalui jalur rapot.

Perbandingan kuota untuk jalur rapot dan CBT adalah 40% melalui jalur rapot, dan 60% melalui jalur tes.

Pada tahun ajaran 2023/2024, UMS menambahkan 5 program baru dari magister dan doktor. Program baru tersebut adalah Magister Teknik Informatika, Magister Pendidikan Matematika, dan Magister Keperawatan, sedangkan program doktornya adalah Pogram Doktor Farmasi dan Program Doktor Psikologi. (Maysali)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!