25 C
Jakarta

MDMC Kota Malang Gelar Pelatihan Kapasitas Relawan Muhammadiyah

Baca Juga:

MALANG, MENARA62.COM – Guna melakukan penguatan kapasitas kelembagaan dan sumber daya manusia relawan Muhammadiyah dalam mitigasi bencana, Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Kota Malang menggelar Pelatihan Kapasitas Relawan Muhammadiyah Kota Malang, bertempat di PDM Kota Malang, Jalan Gajayana 28 B.

Menurut Ketua MDMC Kota Malang Dr (Cand) M.Fathoni,S.Kep.,MN kegiatan Pelatihan Kapasitas Relawan Muhammadiyah Kota Malang berjalan dengan sukses dan lancar. “Kegiatan ini diikuti oleh peserta 75 orang dengan Prokes 5M. Terdiri dari ibu-ibu Aisyiyah, guru-guru sekolah Muhammadiyah, Pemuda Muhammadiyah, NA, HW, Tapak Suci, Kokam, IMM, Maharesgina UMM, IPM dan kader Muhammadiyah,” katanya dalam release yang diterima Arief Hartanto dari MENARA62.COM pada Ahad, (30/01/2022).

Dalam kegiatan tersebut, BPBD Kota Malang turut berpartisipasi dengan menghadirkan Mobil Edukasi Bencana (Mosipena) sebagai media sosialisasi dan edukasi bencana satu satunya di Indonesia.

Fathoni menyampaikan kegiatan tersebut terselenggara dengan lancar berkat partisipasi berbagai pihak. “Kami menghaturkan terimakasih  terhingga kepada Budi Santoso, S.Psi, M.K.M (Koord Dislnfokom MCCC PP Muhammadiyah/MDMC PP),  Catur Sudarminto (Sekjend Forum Pengurangan Bencana Jawa Timur), Kalakasa BPBD Kota Malang, Bapak DR.dr.A. Andyk Asmoro,Sp.An., FIPM (Wakil Ketua PDM membidangi/pembina MPKU dan MDMC Kota Malang Kota Malang) atas penyampaian materinya up todate dan luar biasa. Juga Tim MDMC, PDM Kota Malang dan  Maharesigana UMM yg menyiapakan acara dengan baik dan keren,” katanya.

Pelatihan Kapasitas Relawan Muhammadiyah Tangguh Covid-19 dibuka oleh Ketua PDM Kota Malang Drs. Baroni (Wakil Ketua PDM Kota Malang) Materi 1 –  (Kejadian Bencana Alam & Pandemi Di kota Malang) Drs. Alie Mulyanto selaku BPBD Kota Malang,  Materi II – (Ancaman Varian Covid-19 Omicron & Pencegahannya)  oleh DR.dr.A. Andyk Asmoro, Sp.An., FIPM (Wakil Ketua PDM membidangi/pembina MPKU dan MDMC Kota Malang ), Materi III (Kajian Resiko Bencana Alam & Non Alam (Covid-19) berdasarkan PRBBK) oleh Drs.Catur Sudarminto, MMB/Mbah Darmo (Sekjend FPRB Jatim).

Selanjutnya, Materi IV  (Menyiapkan Sekolah Tangguh Covid 19) oleh Budi Santoso, S.Psi, M.K.M (Koord Dislnfokom MCCC PP Muhammadiyah),  Materi V – (Refleksi & Implementasi SPAB di tengah Pandemi di Kota Malang) Dr (Cand) M.Fathoni,S.Kep.,MN (Ketua MDMC Kota Malang) serta diskusi dan rencana tindak lanjut.

Kegiatan ini adalah bentuk MDMC terus berkomitmen meningkatkan kualitas dan kapasitas relawan yang akan berdampak terhadap penangan bencana.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!