30.2 C
Jakarta

Milad ke-74, PKU Muhammadiyah Kutoarjo Siap Selalu Berikan Layanan Kesehatan Unggul dan Bersahabat untuk Semua

Baca Juga:

 

 

PURWOREJO, MENARA62.COM – RS PKU Muhammadiyah Kutoarjo, Purworejo, Jawa Tengah terus berbenah mewujudkan layanan kesehatan yang unggul dan bersahabat. Komitmen ini ditampilkan dengan dilakukannya berbagai langkah strategis baik pembangunan secara fisik maupun sumber daya yang lainnya. Memasuki usia-nya yang ke-74 tahun digelar rangkaian puncaknya dengan pengobatan gratis dan pengajian umum, di komplek halaman belakang layanan kesehatan yang telah memberikan pelayanan sejak tahun 1950.

Pengobatan gratis itu dikuti oleh puluhan warga yang datang dari Kutoarjo dan sekitarnya, sedangkan pengajian umum diselenggarakan dengan menghadirkan tokoh Muhammadiyah, yakni Ustadz H Nasrudin MSi.

Tampak hadir dalam kegiatan yang menjadi pengisi puncak peringatan Milad Ke-74 itu, di antaranya Ketua PDM Purworejo, Ketua MPKU PDM Purworejo, Ketua PDA Purworejo, Camat Kutoarjo, Kapolsek Kutoarjo, Komandan Koramil Kutoarjo, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo, Lurah Kutoarjo, Direktur RS Palang Biru Kutoarjo, Direktur RS ‘Aisyiyah Purworejo, Kepala Puskesmas Kutoarjo, Kepala Puskesmas Semawung Daleman, Komandan Kompi 4C Por Brimob Kutoarjo, Kepala Klinik Brimob Kutoarjo, Ketua PCM Kutoarjo, para sesepuh Muhammadiyah dan tamu undangan (Warga sekitar RS PKU Muhammadiyah Kutoarjo, Karyawan/Karyawati RS PKU Muhammadiyah Kutoarjo).

Direktur Utama RS PKU Muhammadiyah Kutoarjo, dr. Destania Tri Kusuma Wardani MARS mengatakan, rangkaian kegiatan dalam rangka Milad Ke-74 Tahun 2024 itu sebetulnya sudah dilaksanakan sejak sebelum bulan puasa Ramadhan 2024 lalu yang diisi dengan berbagai kegiatan baik internal dan eksternal.

Rangkaian Acara Milad PKU Muhammadiyah Kutoarjo ke-74 yang dilaksanakan sejak tanggal 4 Maret 2024 hingga tanggal 19 April 2024 itu di antaranya Lomba Internal PKU meliputi Voli Fun diikuti 16 tim, terlaksana pada 4-7 Maret 2024, lomba Tumpeng diikuti oleh 5 tim dari berbagai unit pelayanan, terlaksanan pada 24 Maret 2024, lomba Video Layanan Unit, diikuti oleh 9 unit pelayanan, dimulai dari 5 Maret 2024- 5 April 2024 dan lomba Karaoke, diikuti oleh 23 peserta karyawan/karyawati PKU Muhammadiyah Kutoarjo pada 15 April 2024.

Adapun Lomba Eksternal (Masyarakat Umum) meliputi lomba desain Twibbon, diikuti oleh 11 peserta dari seluruh Indonesia,, mulai dari tanggal 5 Maret sampai 5 April 2024 dan diumumkan pada 15 April 2024 dengan pemenang Andi Indah Ayu Lestari dari Sulawesi Selatan lalu Donor Darah Massal, yang diselenggarakan pada Rabu, 17 April 2024 bekerjasama dengan PMI Kabupaten Purworejo, dengan peserta lolos sesuai syarat 48 orang dan total pendaftar 54 orang kemudian Khitan Massal diselenggarakan pada 18 April 2024, yang diikuti oleh 20 peserta anak usia TK sd SD kelas dan sebagai Puncak Acara Milad terdapat yaitu Pengobatan Gratis yang diselenggarakan di PKU Muhammadiyah Kutoarjo bersamaan dengan Pengajian Umum oleh Ustadz H. Nasrudin, M.Si.

“Pengobatan gratis ini kegiatan puncak Milad dan pesertanya cukup banyak, mereka periksa dan mendapat pengobatan gratis tidak dipungut biaya apapun,” kata Destania Tri Kusuma Wardani, saat ditemui usai kegiatan pengajian.

Dijelaskan, pesertanya sebetulnya bebas, boleh dari mana saja, namun demikian memang banyak yang datang dari sekitar kecamatan Kutoarjo. Cek kesehatan dan pengobatan gratis meliputi cek kolesterol, cek gula darah, cek asam urat, konsultasi dokter dan obat dengan apoteker yang sudah dihadirkan.

“Ya ada dokter, perawat, dan apoteker yang melayani. Pengobatan gratis ini sebetulnya sudah rutin dilakukan, dua bulan sekali biasanya kami melakukan pengobatan gratis keliling ke kecamatan-kecamatan, dan kali ini kami pusatkan di kompleks rumah sakit,” jelasnya.

Ditambahkan, usia 74 tahun RS PKU Muhammadiyah Kutoarjo bukanlah usia muda lagi, berangkat dari balai pengobatan di tahun 1950 kini sudah banyak fasilitas yang dihadirkan. Mampu melayani pasien rawat inap dan rawat jalan.

“Rawat jalan kami sudah ada poliklinik, ada poli penyakit dalam, poli kandungan dan poli anak, ada enam dokter umum, perawat, bidan, radiografer dan analis semua ready,” imbuhnya.

Menurutnya, RS PKU Muhammadiyah Kutoarjo sudah dilengkapi instalasi radiologi. Rawat inap ada 50 tempat tidur yang disiapkan di lantai II gedung baru. Pelayanan sama, tidak dibedakan, pasien BPJS juga melayani, tanpa pungutan biaya apapun.

“Harapan kedepan semoga bisa lebih baik lagi di semua sisi, baik sarpras dan pelayanan, sehingga bisa bermanfaat membantu sesama,” ujarnya.

Ketua PC Muhammadiyah Kutoarjo, Mansur mengungkapkan, pihaknya senantiasa berharap, RS PKU Muhammadiyah Kutoarjo bisa terus berkembang melayani umat tanpa membedakan dari segi apapun.

“Kami terus bersinergi, mengawal rumah sakit ini menjadi pusat layanan kesehatan yang unggul dan bersahabat bagi semua kalangan,” katanya. (AMM)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!