25 C
Jakarta

PCIA Hongkong Siap Kembangkan Dakwah ‘Aisyiyah Usai Resmi Dilantik

Baca Juga:

 

YOGYAKARTA, MENARA62.COM –  Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah secara resmi melantik kepengurusan Pimpinan Cabang Istimewa ‘Aisyiyah (PCIA) Hongkong, Ahad (11/9/2022). Pelantikan yang berlangsung secara hybrid di Gedung BNI Hongkong dan Indonesia ini dilakukan oleh Ketua Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah, Shoimah Kastolani.

Dalam amanatnya, Shoimah Kastolani menyampaikan bahwa pengurus PCIA Hongkong yang baru saja dilantik merupakan para manusia pilihan yang dipilih untuk menjadi nahkoda dan motor ‘Aisyiyah di Hongkong. Oleh karena itu para pengurus diharapkan dapat menggerakkan ‘Aisyiyah dan menjalankan kepemimpinan secara kolektif kolegial. “Semua pimpinan diberikan amanah secara bersama-sama untuk menjalankan ‘Aisyiyah di Hongkong,”ujarnya.

Gerakan ‘Aisyiyah disebut Shoimah adalah gerakan perempuan muslim berkemajuan. “Maka sebagai perempuan berkemajuan harus mampu mengaktualisasikan keimanan ketakwaan kepada Allah serta pengamalan amal soleh dalam melakukan kekhalifahan baik di ruang domestik maupun ruang publik,” imbuhnya.

Keberadaan PCIA Hongkong diharapkan oleh Shoimah dapat membawa umat dan masyarakat lingkungan sekitar di Hongkong ke arah yang lebih baik sehingga dapat mewujudkan Islam yang Rahmatan lil ‘Alamin.

Sri Masiati Umaroh, Ketua PCIA Hongkong yang baru dilantik menyampaikan bahwa ‘Aisyiyah Hongkong akan terus melakukan berbagai upaya untuk membangun sumber daya manusia Indonesia yang ada di Hongkong. Untuk diketahui anggota ‘Aisyiyah di Hongkong mayoritas merupakan Pekerja Migran Indonesia (PMI) sehingga penguatan PMI merupakan salah satu kerja dakwah PCIA Hongkong.

Umaroh juga mengajak para pengurus PCIA untuk dapat bermimpi besar mengembangkan PCIA Hongkong sehingga kelak bisa memiliki amal usaha termasuk amal usaha pendidikan seperti PCIA di negara lainnya. “Insya Allah Muhammadiyah ‘Aisyiyah bisa mengembangkan sayapnya di Hongkong. Walaupun kami hanya segelintir tetapi kami tetap bersemangat untuk bersama dengan teman-teman belajar dan terus memajukan Islam agar kita tetap menjadi generasi yang tangguh.”

Rike Purnama Sari, dari Konsulat Jenderak Republik Indonesia (KJRI) Hongkong yang turut hadir dalam acara menyampaikan selamat atas dilantiknya kepengurusan PCIA Hongkong. Ia berharap PCIA Hongkong akan membawa arah kebaikan bukan hanya bagi anggota ‘Aisyiyah akan tetapi warga lainnya di Hongkong. “KJRI siap mendukung teman-teman ‘Aisyiyah dalam menjalankan visi misi, jika ada hal yang bisa kita lakukan bersama-sama, karena saya percaya ‘Aisyiyah tidak hanya bergerak untuk organisasinya sendiri tetapi juga bagi masyarakat luas,”harap Rike.

Perwakilan dari BNI Hongkong yang menjadi tempat pelaksanaan kegiatan pelantikan ini juga menyampaikan apresiasinya kepada para pengurus PCIA Hongkong. Ia menyampaikan kerja-kerja dakwah ‘Aisyiyah sangat sejalan dengan prinsip BNI sebagai BUMN yang bertanggung jawab mengembangkan kualitas manusia Indonesia. Di Hongkong, mayoritas diaspora didominasi oleh para perempuan, oleh karena itu BNI Hongkong mengajak PCIA untuk dapat bersama mengembangkan diaspora. “Di Hongkong kita tahu diasporanya didominasi oleh kaum perempuan, oleh karena itu menjadi tanggung jawab kita bersama baik ‘Aisyiyah maupun BNI Hongkong untuk berkontribusi bagi pengembangan diaspora. Kami siap mensupport kegiatan yang akan dilaksanakan di Hongkong sesuai kemampuan dan semangat kami.” (Suri)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!