26 C
Jakarta

Percepat Pemulihan Ekonomi Nasional, TNI Gandeng Unkris Gelar Komsos Kreatif 2022

Baca Juga:

JAKARTA MENARA62.COM – Markas Besar TNI bekerjasama dengan Universitas Krisnadwipayana (Unkris) gelar kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) Kreatif Tahun Anggaran 2022 secara hybrid di Kampus Unkris pada Rabu (16/11/2022). Mengambil tema “Melalui Komsos Kreatif Kita Wujudkan Ekonomi Kreatif Kerakyatan Dalam Rangka Membantu Mempercepat Pemulihan Ekonomi Nasional”, kegiatan tersebut dihadiri Aster Panglima TNI Mayjen TNI Purwo Sudaryanto, Ketua Senat/Pembina Yayasan Unkris Prof. Dr. T.Gayus Lumbuun SH, MH, Ketua Yayasan Unkris Amir Karyatin SH dan Rektor Unkris Dr. Ir. Ayub Muktiono, M.SiP.,CIQaR.

Adapun para narasumber yang tampil adalah pengusaha Prof Soeprayitno, Ketua Umum Himpunan Pengusaha dan Wiraswasta Indonsia (HIPWI) Toro Sudarmadi, Kepala Bagian Perencanaan dan Anggaran Kemenkop UKM Fiter Silaen dan Dr Susetya Herawati dari kalangan akademisi.

Aster TNI Mayjen TNI Purwo Sudaryanto saat membuka kegiatan mengatakan Komsos Kreatif 2022 merupakan bagian dari metode pembinaan territorial yang dilakukan TNI. Tujuannya adalah memelihara komunikasi, silaturahmi dan sinergitas antar komponen masyarakat khususnya akademisi, pelaku UMKM, mahasiswa dan pelajar dalam mewujudkan ekonomi kerakyatan yang tangguh pasca pandemic Covid-19.

“Pemulihan ekonomi nasional menjadi harapan seluruh masyarakat Indonesia. Oleh karena itu saya mengajak kita semua dapat mengambil bagian dan melakukan langkah nyata sesuai kapasitas kita masing-masing dalam upaya membantu mempercepat pemulihan ekonomi nasional,” kata Aster.

Menurutnya Komsos Kreatif merupakan bentuk respon TNI pada program akselerasi pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi. Kegiatan ini akan mencoba meramu beberapa kegiatan sebagai salah satu pilot project yaitu lomba ide dan presentasi bisnis secara digital untuk kategori umum dan pelajar, talkshow kewirausahaan, dan bazaar produk UMKM.

Aster berharap kegiatan Komsos Kreatif dapat semakin memperkuat keakraban dan tali silaturahmi serta menjadi pendorong untuk semua pihak guna memberikan kontribusi nyata dalam menghadapi berbagai persoalan bangsa.

Apresiasi yang sama juga disampaikan Prof Gayus. Menurutnya, kerjasama antara TNI dengan Unkris menjadi strategis, karena kolaborasi antara dunia akademisi dan lembaga-lembaga pemerintah saat ini sangat dibutuhkan untuk menjawab pentingnya Evidence Based Policy Making. Ini adalah suatu metode pengambilan keputusan atas suatu kebijakan berdasarkan bukti empiris dan teoritis agar menghasilkan suatu kebijakan yang bermutu dan menjadi solusi terhadap permasalahan yang dihadapi termasuk dampak dari pandemi covid-19 dan krisis ekonomi global.

“Sebagaimana kita ketahui, pembelajaran yang dapat diambil selama kondisi pandemi dan pada masa endemik saat ini, yaitu berupa transformasi digital yang sangat cepat. Hal ini merupakan modal awal yang sangat baik bagi Indonesia dalam menghadapi revolusi industri 4.0, masyarakat 5.0 terutama pada sektor-sektor yang akan didukung oleh digitalisasi salah satunya dunia usaha UMKM,” tutur Prof Gayus.

Lebih lanjut Prof Gayus, mengingatkan bahwa ekonomi digital akan terus tumbuh dan berkembang pada masa yang akan datang. Ini ditandai dengan semakin pesatnya perkembangan bisnis atau transaksi perdagangan yang menggunakan layanan internet sebagai media dalam berkomunikasi, kolaborasi dan bekerjasama antar perusahaan atau individu.

Indonesia memiliki potensi ekonomi digital yang sangat besar karena tingkat penetrasi pengguna internetnya terus meningkat,” tambahnya.

Data menunjukkan pada tahun 2017, jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 143,26 juta jiwa atau meningkat 7,96 persen dibandingkan tahun 2016 sebesar 132,7 jiwa. Jumlah pengguna internet pada tahun 2017 tersebut mencakup 54,68 persen dari total populasi Indonesia yang mencapai 262 juta jiwa.

Pemerintah Indonesia di era Presiden Joko Widodo telah menargetkan Indonesia menjadi kekuatan ekonomi digital terbesar di ASEAN pada tahun 2020 dengan proyeksi nilai transaksi e-commerce mencapai 130 juta USD.

Sementara itu Rektor Unris dalam sambutannya mengatakan Komsos Kreatif 2022 merupakan tindaklanjut dari pertemuan antara Aster TNI dengan Unkris yang dilakukan di Kantor BKKBN beberapa waktu lalu. “Alhamdulillah hari ini bisa terselenggara di Unkris,” katanya.

Aster TNI Mayjen TNI Purwo Sudaryanto, didampingi Rektor Unkris Ayub Muktiono dan Ketua LPKK Unkris Susetya Herawati saat meninjau bazaar Komsos Kreatif 2022

Rektor menjelaskan Unkris merupakan Lembaga pendidikan tinggi yang sangat konsen dan menaruh perhatian besar pada kreativitas dan kebangsaan. Salah satunya ditandai dengan dimilikinya Lembaga Pengembangan Kreativitas dan Kebangsaan (LPKK). Lembaga ini telah ikut mewarnai kiprah Unkris baik dalam membangkitkan kreativitas mahasiswa maupun menanamkan rasa nasionalisme, dan cinta kebangsaan dari seluruh mahasiswa Unkris.

“Unkris harus menjadi Lembaga pendidikan tinggi yang tanggap, cepat dan adaptif untuk ikut menyelesaikan permasalahan masyarakat di sekitar kita. Adaptf tanggap cepat, trengginas dan trampil,” tegasnya.

Sebelumnya, Paban IV Komsos Stre TNI Kol Inf Jacky Ariestanto S.Sos, M.Sos menjelaskan Komsos Kreatif digelar dengan beberapa kegiatan yakni pertama lomba ide dan presentasi bisnis secara digital. Kedua, talkshow kewirausahaan, yang menghadirkan beberapa narasumber yang sangat kompenten. Dan ketiga adalah bazaar UMKM yang menampilkan produk-produk kreatif dari UMKM.

Ketua Panitia Komsos Kreatif 2022 Unkris sekaligus Ketua LPKK Unkris Susetya Herawati mengatakan setelah dilakukan penjurian secara ketat, diperoleh nama-nama pemenang lomba. Rinciannya untuk Kategori Presentasi Bisnis dimenangkan oleh Adam Elandi Yusuf, mahasiswa Prodi Informatika Unkris dengan jenis usaha Platfrom Jasa Digital Website Flikbook, disusul Ermas Sari Yani, mahasiswa Fak Ekonomi Unkris untuk Jenis Usaha Budidaya Mag-Goat dan Tim Feri
Ardiansyah , mahasiswa UPN Surabaya dengan jenis Usaha Poya Latte.

Untuk kategori Ide Bisnis Umum dan Mahasiswa, dimenangkan oleh tim Nur Hidayah, mahasiwa Fak Teknik Unktris dengan ide bisnis Jasa Pindahan Rumah, disusul M Rafli Abdurraazzaq W, mahasiswa Fak Teknik Unkris dengan ide bisnis TOPPUK Berkualitas Tinggi, dan tim Winda Helen, mahasiswa Fak Teknik Unkris dengan ide bisnis Fantasia Organic Mask.

Sedang untuk katagori Ide Bisnis Pelajar tampil sebagai juara RizkaSHOP 23 (skincare, Makeup Bouquet dll) dari SMK Bina Karya Mandiri, Sabun dari SMK Bhakti Kartini dan brownis time dari SMK Karya Guna Bhakti 2.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!