27.5 C
Jakarta

Peringati Hari Tuberkulosis Sedunia, RS PKU Muhammadiyah Solo Gelar Talkshow

Baca Juga:

 

SOLO, MENARA62.COM – Tim TB DOTS bekerja sama dengan Tim Promosi Kesehatan RS PKU Muhammadiyah Surakarta menggelar talkshow awam “Gerakan Indonesia Akhiri Tuberkulosis” yang diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Tuberkulosis Sedunia di Area Lobi Lantai 1 Gedung Utama RS PKU Muhammadiyah Surakarta, Sabtu (30/3/2024). Kegiatan ini diikuti oleh pasien poliklinik dan pengunjung yang berada di area tersebut.

Talkshow yang dilaksanakan secara interaktif selama 1 (satu) jam menghadirkan narasumber internal RS PKU Muhammadiyah Surakarta, dokter spesiali paru, dr. Wahyuningtyas Rahayu, Sp.P berbagi tips dan informasi seputar kesehatan paru khususnya tentang deteksi, penanganan dan pencegahan tuberculosis agar tidak menular kepada sekitarnya terutama pada keluarga.

Dalam paparannya, dr. Wahyuningtyas menyampaikan bahwa gejala tuberculosis yang sering dialami adalah batuk lebih dari dua minggu, nafsu makan berkurang, berat badan turun, badan demam, dan keringat dingin di waktu malam hari. “Segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut,” ucap  Wahyuningtyas.

Disampaikan juga tentang tata laksana penanganan dan pengobatan yang perlu dilakukan bagi penderita yang sudah terdiagnosa tuberculosis (TBC). Perlu kehati-hatian bagi penderita diabetes mellitus, hipertensi, jantung atapun yang sedang menjalani kemoterapi sangat rentan tertular tuberculosis, sehingga disarankan menjaga kondisi daya tahan tubuh untuk tetap sehat, agar tidak terkena kuman TBC yang penularannya melalui udara.

Dr. Wahyuningtyas yang juga selaku Ketua Tim Promosi Kesehatan RS PKU Muhammadiyah Surakarta berharap dalam kegiatan ini bisa bermanfaat bagi pasien maupun pengunjung yang mengikuti acara ini, tetap menjaga kesehatannya dengan menggunakan masker karena rentan terinfeksi virus atau kuman yang ada di lingkungan rumah sakit, makan makanan yang sehat dan istirahat yang cukup. (*)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!